Kata AS, Rusia Barter Senjata dengan Makanan ke Korut

Forumterkininews.id, Pyongyang- Amerika Serikat menyebut pihaknya mendapat informasi baru bahwa Rusia secara aktif berusaha memperoleh senjata tambahan dari Korea Utara dengan imbalan bantuan makanan.

“Kami tetap khawatir Korea Utara akan memberikan dukungan lebih lanjut untuk operasi militer Rusia melawan Ukraina,” kata juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby, dikutip Reuters, Jumat (31/3).

“Dan kami mendapat informasi baru bahwa Rusia secara aktif mencari amunisi tambahan dari Korea Utara,” imbuhnya.

Baca Juga: Ngeri, Korut Uji Coba Drone Nuklir Bawah Air

Komentar Kirby muncul setelah Amerika Serikat memberlakukan sanksi terhadap seorang pria Slovakia karena mencoba mengatur penjualan lebih dari dua lusin jenis senjata dan amunisi Korea Utara ke Rusia.

Yang ditujukan untuk membantu Moskow mengganti peralatan militer yang hilang dalam perangnya dengan Ukraina.

“Kami juga memahami bahwa Rusia berusaha mengirim delegasi ke Korea Utara dan bahwa Rusia menawarkan makanan Korea Utara dengan imbalan amunisi,” imbuh  Kirby.

Baca Juga : Angkatan Laut Rusia Uji Rudal Supersonik di Laut Jepang

Ia menambahkan bahwa setiap kesepakatan senjata antara Korea Utara dan Rusia akan melanggar serangkaian resolusi Dewan Keamanan PBB.

Kirby juga mencatat pernyataan Korea Utara baru-baru ini bahwa mereka tidak akan memberikan atau menjual senjata ke Rusia.

“Kami terus memantau ini dengan cermat,” pungkasnya.

Artikel Terkait