KBRI Moskow Adakan Buka Puasa Bareng Muslim Rusia

Forumterkininews.id, Moskow – KBRI Moskow bersama Badan Spiritual Muslim Kota Moskow menyelenggarakan buka puasa atau iftar. Ini menjadi ajang silaturahmi komunitas muslim Rusia dan Indonesia dan juga masyarakat umum lainnya.

Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, Jose Tavares, mengatakan tahun ini Indonesia dan Rusia memperingati 73 tahun hubungan diplomatik. Kedua negara kita adalah sahabat dekat yang memiliki banyak kesamaan.

“Dalam hal jumlah pemeluk, umat muslim di Rusia merupakan muslim terbesar di Eropa. Sedangkan umat muslim di Indonesia adalah yang terbesar di dunia. Ini merupakan pondasi kokoh untuk menjalin kerja sama Islam,” katanya, diberitakan situs resmi Kemlu.

Dubes Tavares juga menambahkan bahwa dalam dekade terakhir ini Indonesia dan Rusia aktif membangun dialog keagamaan Islam. Di antaranya melalui partisipasi Indonesia dalam pertemuan the Group of Strategi Vision “Russia-Islamic World”.

“Tahun lalu, seorang hafidzah Inodnesia juga memenangkan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Kazan,” kata Dubes Tavares.

“Juga pengusaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia telah rutin mengikuti pameran Russia Halal Expo maupun kehadiran pejabat Indonesia. Dalam acara tahunan International Economic Summit Russia-Islamic World: Kazan Summit.”

Sementara itu, Mufti Moskow, Sheikh Ildar-khazrat Alyautdinov, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi tinggi atas partisipasi Indonesia dalam mempererat tali persaudaraan dan kerja sama masyarakat kedua bangsa.

“Kami sangat berterima kasih atas partisipasi pertama kalinya KBRI Moskow dalam Shater Ramadhan ini dan semoga tahun depan kembali hadir memeriahan acara.

Artikel Terkait

Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

FT News – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi mengesahkan...

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...

Dampak Serangan Israel ke Lebanon, China Akan Bela Beirut

FT News – China mengutuk keras serangan brutal Israel...

Tiara Andini Rayakan Ultah, Sosok Alshad Ahmad Pakai Kostum Patrick Curi Perhatian

Tiara Andini baru saja merayakan ulang tahun. Jebolan Indonesian...