Kebocoran Gas Beracun Tewaskan 16 Orang di Afrika Selatan

Forumterkininews.id, Capetown- Sedikitnya 16 orang termasuk tiga anak, tewas akibat kebocoran gas nitrat beracun yang digunakan oleh penambang ilegal untuk memproses emas di pemukiman padat Angelo, Boksburg, Afrika Selatan, Rabu (5/7).

Layanan darurat segera meluncur ke lokasi sesaat setelah menerima pengaduan gas bocor pada Rabu malam waktu setempat.  Mereka masih mencari korban di lokasi sementara sejumlah jenazah masih tergeletak menunggu ambulans datang.

“Kami tidak bisa memindahkan siapa pun. Jenazah masih berada di tanah,” kata juru bicara layanan darurat William Ntladi dikutip AP.

Ntladi mengatakan insiden itu disebabkan oleh gas nitrat yang bocor dari tabung gas yang disimpan di gubuk. Dia menyebut tabung telah dikosongkan usai kejadian dan tim dapat mulai menjelajahi area untuk memeriksa lebih banyak korban.

Para penyelidik masih mencari korban melalui gang-gang sempit di antara gubuk-gubuk, yang diliputi kegelapan karena kurangnya lampu jalan — situasi umum di permukiman padat  yang ditemukan di dalam dan sekitar kota-kota Afrika Selatan. Enam mobil polisi, satu kendaraan lapis baja, dan satu ambulans diparkir di pintu masuk pemukiman Angelo.

Ntladi juga menyebut  otoritas informasi telah mengindikasikan silinder yang menyebabkan kebocoran itu digunakan oleh penambang liar untuk memisahkan emas dari kotoran dan batu.

Artikel Terkait

Hasil Survei: Khofifah-Emil Unggul di Pilkada Jatim

FT News – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei...

NPWP Bocor, Jokowi: Terjadi Juga di Negara Lain

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons dugaan...

Balas Istana, PDIP: Jet Pribadi, Itu Perjalanan Kebangsaan

FT News – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah...

Bjorka Kembali, Kali Ini Data NPWP Jokowi Bocor

FT News – Peretas yang sempat membuat geger Indonesia...