Kedua Kalinya, Eks Wapres Ekuador Bebas dari Penjara

Forumterkininews.id, Quito – Mantan Wakil Presiden Ekuador Jorge Glas dibebaskan dari penjara untuk kedua kalinya pada Senin, (28/11). Hal ini terjadi setelah hakim setempat menyetujui langkah-langkah korektif alternatif sebagai pengganti hukuman Glas atas tuduhan korupsi.

Hakim Emerson Curipallo dari provinsi Santo Domingo mengatakan hak-hak Glas telah dilanggar oleh keterlambatan dalam menyelesaikan permintaan pembelaannya. Melansir Reuters, puluhan pendukung bersorak saat Glas meninggalkan penjara di ibu kota Quito pada Senin malam.

Glas, (53), dijatuhi hukuman enam tahun penjara pada tahun 2017 setelah dinyatakan bersalah menerima suap dari perusahaan konstruksi Brasil Odebrecht. Hadiah ini diterima sebagai imbalan atas pemberian kontrak pemerintah kepada perusahaan tersebut.

Dia dijatuhi hukuman penjara delapan tahun terpisah pada tahun 2020. Hukuman ini dijatuhkan karena dirinya dituding menggunakan uang dari kontraktor untuk membiayai kampanye untuk gerakan politik mantan Presiden Rafael Correa.

Ini adalah kedua kalinya Glas, mantan menteri dan wakil presiden di pemerintahan Correa antara 2007 dan 2017, dibebaskan atas perintah hakim.

Meskipun Glas dibebaskan dari penjara pada April tahun ini, dia dikirim kembali ke penjara sebulan kemudian setelah keputusan itu dibatalkan.

Pembelaannya berusaha agar dia menjalani dua hukumannya secara bersamaan, yang akan memungkinkan dia untuk mendapatkan keuntungan dari mekanisme pra-pembebasan setelah menjalani sebagian dari hukuman penjara.

Artikel Terkait