Keganasan Topan Yagi di Vietnam: 127 Orang Tewas, 54 Hilang

FT News – Korban jiwa terjangan angin Topan Yagi di Vietnam bertambah. Laporan terbaru menyebutkan ada 127 orang tewas akibat angin Topan Yagi.

Menurut data dari Departemen Pencegahan Bencana Alam Kementerian Pertanian Vietnam, akibat angin Topan Yagi itu juga menyebabkan banjir dan tanah longsor.

Akibat banjir dan tanah longsor itu menyebabkan 54 orang hilang dan 764 orang lainnya terluka.

Waspadai angin kencang di masa pancaroba. Foto: Antara

 

Daerah-daerah yang paling terdampak Topan Yagi juga mengalami peningkatan kasus serangan ular serta penyebaran penyakit menular yang disebabkan air kotor.

Sementara itu, beberapa sungai di Vietnam utara telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan. Ratusan orang di Hanoi harus dievakuasi dari daerah pesisir akibat meluapnya Sungai Merah

Bencana angin topan Yagi di Vietnam [Instagram]

Pemerintah Vietnam seperti dikutip dari Antara mengambil langkah mendesak untuk membantu mengatasi dampak Topan Yagi.

Sebelumnya pada awal pekan ini, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh memantau daerah-daerah terdampak di Vietnam utara guna mengevaluasi situasi, upaya pemulihan, serta memberikan dukungan bagi para korban.

Topan Yagi dianggap sebagai badai terkuat yang menghantam Laut China Selatan dalam 30 tahun.

Badai itu menguat menjadi topan super pada Kamis (5/9) lalu sebelum mendarat di China selatan keesokan harinya, dan menerjang Vietnam utara pada Sabtu (7/9) hingga menyebabkan kehancuran.

Artikel Terkait