Kehabisan “Tangki”, PM Selandia Baru Mundur Bulan Depan

Forumterkininews.id, Wellington – Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern akan mengundurkan diri dari jabatannya bulan depan. Pernyataan ini diuumumkan Kamis, (19/1).

“Saya manusia. Kami memberikan sebanyak yang kami bisa selama kami bisa dan kemudian tiba waktunya. Dan bagi saya, inilah saatnya,” katanya pada pertemuan anggota Partai Buruhnya dikutip Reuters.

“Aku hanya tidak punya cukup tangki untuk empat tahun lagi.”tandasnya.

Ardern menjadi perdana menteri dalam pemerintahan koalisi pada 2017 dan kemudian memimpin Partai Buruh kiri-tengahnya meraih kemenangan komprehensif dalam pemilihan tiga tahun kemudian.

Selama menjadi pemimpin, dia memenangkan pengakuan internasional atas penanganannya terhadap serangan teror di dua masjid dan pandemi COVID-19, dan menjadi pemimpin dunia kedua yang melahirkan saat menjabat.

Tetapi popularitas partai dan pribadinya, sering disebut sebagai “Jacindamania”, telah turun dalam jajak pendapat domestik baru-baru ini di tengah meningkatnya inflasi dan kekhawatiran akan meningkatnya tingkat kejahatan.

Dalam penampilan publik pertamanya sejak parlemen memasuki reses musim panas sebulan yang lalu, dia mengatakan bahwa dia berharap menemukan energi untuk melanjutkan sebagai pemimpin selama jeda, tetapi tidak mampu melakukannya. Pemilihan umum Selandia Baru berikutnya kata Ardern  akan diadakan pada 14 Oktober.

Perdana menteri mengatakan bahwa dia akan terus menjabat sebagai anggota parlemen pemilih sampai saat itu. Meskipun jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan koalisi partai Nasional dan Undang-Undang kanan-tengah akan memenangkan pemilihan, Ardern mengatakan itu bukan alasan pengunduran dirinya.

“Saya tidak pergi karena saya yakin kita tidak bisa memenangkan pemilihan berikutnya, tetapi karena saya yakin kita bisa dan akan melakukannya,” pungkasnya.

Artikel Terkait