Kembali, Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina dan Sudan

FTNews – Indonesia kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina dan Sudan. Pengiriman bantuan ini dilepas langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (3/4).

“Kita turut prihatin atas peristiwa kemanusiaan yang terjadi di Gaza dan juga konflik internal yang terjadi di Sudan. Yang menimbulkan banyak korban. Karena itu, untuk kesekian kalinya kita kembali melakukan misi kemanusiaan dengan mengirim bantuan untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan,” ujar Jokowi.

Jokowi menyebut, bantuan yang dikirimkan kali ini bernilai kurang lebih Rp30 miliar.

“Bernilai kurang lebih Rp30 miliar. Berupa obat-obatan dan peralatan-peralatan kesehatan dan juga bantuan yang lainnya,”terangnya.

(Dok: Setkab)

Bantuan yang dikirim tersebut, lanjutnya, telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lapangan. Serta sesuai dengan permintaan resmi dari Pemerintah Mesir dan Pemerintah Sudan.

“Bantuan ini akan diantar langsung ke Mesir dan Sudan. Delegasi dipimpin oleh Pak Suharyanto, Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Yang beranggotakan unsur kementerian dan lembaga serta mitra pemerintah,” jelas Jokowi.

Ia pun berharap, bantuan tersebut dapat meringankan beban warga Gaza dan Sudan yang kondisinya memprihatinkan

“Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah di Gaza dan di Sudan,” imbuhnya.

Artikel Terkait