Kemlu Berhasil Pulangkan 14 WNI Korban Penipuan dari Kamboja

Forumterkininews.id, Jakarta – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) kembali berhasil memulangkan warga negara indonesia (WNI) korban penipuan perusahaan online scam dari Kamboja. Pada hari Senin, 8 Agustus 2022ekerja sama KBRI Phnom Penh, Kemlu memulangkan 14 WNI lagi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, proses pemulangan ini merupakan tindak lanjut hasil pertemuan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dengan Menteri Dalam Negeri kamboja dan Kepala Kepolisian Kamboja, pada minggu lalu.

Ke-14 WNI tersebut telah tiba dengan selamat dan dalam kondisi sehat di Bandara Soekarno Hatta pada pukul 18.05 WIB. Kemlu selanjutnya menyerahterimakan mereka ke Kementerian Sosial untuk rehabilitasi dan reintegrasi ke keluarga masing-masing.

Ke-14 WNI tersebut terdiri dari 12 laki laki dan 2 perempuan. Mereka berasal dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Banten dan Kalimantan Barat.

Pemulangan ini merupakan lanjutan pemulangan yang dilakukan sebelumnya pada tanggal 5 dan 6 Agustus 2022, demikian rilis yang didapat dari Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) Badan Hukum Indonesia (BHI).

Dengan demikian, maka total 39 WNI telah berhasil dipulangkan. Para WNI lainnya akan dipulangkan secara bertahap menyesuaikan ketersediaan penerbangan, proses BAP Polisi Kamboja dan proses administrasi keimigrasian Kamboja.

 

Artikel Terkait