Kena Serangan Stroke? Lakukan Hal Ini dan Jangan Panik

FTNews – Ketua Umum Yastroki Pusat, Mayjen TNI (Purn) Tugas Ratmono menjelaskan bagaimana cara pengobatan pertama jika seseorang terkena serangan stroke.

Menurutnya, semua orang harus dapat mengenal penyakit stroke. Pasalnya penyakit stroke merupakan sebuah bencana yang dihadapi oleh otak yang nantinya dapat menimbulkan dampak berbahaya.

“Siapapun harus mengenal stroke, bahwa stroke itu bencana otak yang membawa berbagai bencana,” ungkap Tugas, dalam acara Resiliensi Menuju Indonesia Ramah Stroke, pada Sabtu (20/1).

Kemudian Tugas menuturkan bahwa jika telah ditemukan tanda-tanda gejala stroke pada seseorang, maka cara pengobatan yang pertama adalah tidak boleh panik.

“Kalo ada yang gejala mulut menyon, tidak dapat bicara dan lain-lain, pertama itu jangan panik,” tutur Tugas.

Langkah selanjutnya, adalah segera membawa penderita stroke ke rumah sakit terdekat agar dapat ditangani secara cepat.

“Berikutnya langsung segera mencari rumah sakit. Sebaiknya dengan sistem ambulans karena ada protokol yang harus dibangun atau diberikan supaya dalam perjalanan pun tidak mengganggu ke suatu sistem aliran darah yang sudah terganggu baik itu sumbatan atau pecah,” papar Tugas.

Kemudian masyarakat dalam pertolongan pertama penyakit stroke, juga jangan percaya terhadap mitos yang berkembang.

Baca Juga: Mengalami Hal Ini? Bisa Jadi Kena Stroke Ringan

“Mitos-mitos itu jangan tusuk telinganya, kan ada (orang) kena stroke supaya baik cepat ditepuk, ditusuk telinganya, itu mitos jadi itu tidak benar. Jadi yang benar adalah jangan panik dan segera ke rumah sakit yang sudah menangani struk dengan baik,” beber Tugas.

Untuk diketahui, Penyakit stroke merupakan penyebab kematian yang menempati urutan ke-3 terbesar di dunia setelah penyakit jantung dan kanker.

Namun di Indonesia, penyakit stroke menempati urutan nomor 1 sebagai penyebab kematian.

BACA JUGA:   7 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Kering Akibat AC

Masih dalam keterangannya, Tugas mengungkapkan bahwa penyakit stroke merupakan masalah yang harus mendapat penanganan secara bersama.

Kemudian Purnawirawan TNI ini mengatakan, masyarakat dapat mengenali penyakit stroke dari sejumlah hal.

Mulai dari mengetahui bahwa stroke memang kejadiannya terus meningkat, angka kematiannya tinggi, apa pengertian stroke, gejala stroke, dan cara penanganannya dengan baik.

Gejala Stroke

Selain itu, Tugas menuturkan terdapat beberapa hal penting untuk mengenali adanya gejala stroke.

Hal ini biasanya terlihat dari berubahnya beberapa bagian anggota tubuh. Diantaranya pada wajah, lengan atau anggota gerak, hingga dari cara bicara seseorang.

“Bagaimana mengenali stroke yang paling penting? misalkan nih ada tiba-tiba orang mulutnya mencong gitu ya, misalnya suruh senyum mencong. Kemudian suruh angkat tangannya itu salah satu lumpuh sebelah kemudian ditanya enggak bisa jawab atau bicaranya pelo paling tidak ini udah stroke ini,” kata Tugas.

Selanjutnya, jika sudah mengetahui adanya gejala tersebut, maka pasien harus segera di bawa ke rumah sakit agar tidak terjadi hal lain yang tidak diinginkan.

Artikel Terkait