Kenali Parfum Niche yang Makin Populer

FTNews -  Dunia fashion saat ini mengalami perkembangan, khususnya dalam bidang parfum. Terkini merek parfum niche yang dulu terpinggirkan, kini menjadi populer.

Pergeseran ini ditandai dengan mengutamakan personalisasi dan keunikan aroma daripada aroma familiar dari merek yang dikenal secara luas. Dua dekade yang lalu, tren wewangian didominasi oleh produk-produk ternama yang dirilis oleh perusahaan besar.

Sekarang, konsumen tidak lagi memilih wewangian dengan aroma serupa. Melainkan ada pergeseran aroma berbeda dan personalisasi unik. Parfum Niche kian populer karena memproduksi wewangian dengan aroma unik dan tidak diproduksi massal dan mengesampingkan aroma yang banyak disukai banyak orang.

Peracik parfum Nathalie Feisthauer, yang beralih dari pembuat parfum untuk merek besar menjadi pencipta parfum niche, mencatat perbedaan mencolok dalam proses kreatif.

“Visi pencipta adalah yang terpenting, sering kali menghasilkan bentuk ciptaan yang lebih unik dan tidak terbatas. Pendekatan ini memungkinkan penggunaan bahan baku berkualitas tinggi, yang mungkin dianggap tidak layak secara ekonomi oleh perusahaan besar.” ujar Feisthauer.

“Tentu saja hasilnya adalah parfum unik dengan keharuman yang berbeda dibanding wewangian mainstream, yang seringkali dirancang agar dapat diterima secara universal namun jarang membangkitkan emosi yang kuat,” tambahnya.

Parfum Niche
Ilustasi parfum desainer yang dibuat oleh rumah desain ternama. Foto: Pexels

Parfum Niche itu sebenarnya apa?

Parfum Niche tidak dibuat dengan tujuan dipakai banyak orang, melainkan membuat sentuhan yang lebih eksklusif dan artistik. Tidak seperti wewangian mainstream yang bertujuan untuk dipakai banyak orang.

Mereka seperti permata tersembunyi di dunia wewangian, menawarkan sesuatu yang khas dibanding parfum biasa yang berjejer di rak-rak department store.

Parfum Niche membuat pemakainya menonjol, sehingga menarik perhatian mereka yang mencari wawangian yang bersifat ekslusif dan tidak pasaran.

BACA JUGA:   Kehabisan Tiket? Sandiaga Uno: Nonton Coldplay Versi Lokal Aja

Perbedaannya dengan Parfum Desainer

Parfum Desainer dibuat oleh rumah mode ternama, contohnya Chanel, Gucci, atau Christian Dior.  Lini parfum mereka sering kali merupakan bagian dari lini produk yang lebih luas yang mencakup pakaian, aksesori, dan kosmetik.

Wewangian Niche biasanya dibuat oleh pembuat parfum individu yang relatif lebih kecil dan mandiri. Produk yang dijual tidak diproduksi massal dan cenderung langka, sulit ditemukan, dan harganya lebih mahal. Fokusnya, membuat wewangian yang artistik dan unik.

Artikel Terkait