Kepala WHO Meyakini Covid Bocor dari Laboratorium

Forumterkininews.id, Jenewa- Pemimpin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus secara pribadi percaya bahwa Covid telah bocor dari laboratorium.

Pernyataan itu diungkap Tedros kepada seorang politisi Eropa bahwa kemungkinan besar penyebab wabah adalah kecelakaan bencana di sebuah laboratorium di Wuhan, menurut sumber Pemerintah yang dikutip di Mail on Sunday via Metro.co.uk, Senin (20/6).

Badan intelijen Barat pertama kali mengungkapkan kekhawatiran tentang Institut Virologi Wuhan pada April 2020, menunjukkan bahwa para ilmuwan memanipulasi virus corona dari kelelawar di gua-gua yang berjarak 1.000 mil dari pusat. Gua-gua itu mungkin tempat asal Covid-19.

Dr Tedros baru-baru ini memberi tahu negara-negara anggota dalam pembaruan tentang penyakit ini bahwa pihaknya belum memiliki jawaban tentang dari mana asalnya atau bagaimana ia memasuki populasi manusia.

“Memahami asal usul virus sangat penting secara ilmiah untuk mencegah epidemi dan pandemi di masa depan. Tetapi secara moral, kami juga berutang kepada semua orang yang telah menderita dan meninggal serta keluarga mereka. Semakin lama, semakin sulit jadinya. Kita perlu mempercepat dan bertindak dengan rasa urgensi.”tandasnya.

Sebelumnya, sebuah laporan asli menyimpulkan virus SARS-CoV-2 mungkin ditularkan ke manusia dari kelelawar melalui spesies lain yang tidak dikenal. Tetapi orang-orang seperti Inggris, AS, Australia, dan 14 negara lain mengkritik temuan itu sebagai hal yang sangat dikompromikan.

Artikel Terkait