Kerusuhan Kazakhstan, Demonstran yang Ditahan Mencapai 12.000

Forumterkininews.id, Almaty- Pihak berwenang Kazakh kembali menahan 1.678 orang lagi dalam 24 jam terakhir. Penangkapan ini atas dugaan partisipasi mereka dalam kerusuhan kekerasan yang mengguncang Kazakhstan.

Pihak berwenang pada Rabu (12/1), mengatakan dengan penahanan tersebut, total demonstran yang ditahan mencapai 12.000.

Saat ini, lebih dari 300 penyelidikan kriminal terkait kerusuhan massal dan serangan terhadap petugas penegak hukum sedang berlangsung.

Protes atas kenaikan harga bahan bakar meletus di negara Asia Tengah yang kaya minyak dan gas itu pada 2 Januari lalu.

Hal ini cepat menyebar ke seluruh negeri. Slogan-slogan politik ketidakpuasan terpampang di jalan-jalan. Hal ini merupakan perlawanan atas pemerintah otoriter negara tersebut.

Ketika kerusuhan meningkat, pihak berwenang berusaha menenangkan para pengunjuk rasa dan mengumumkan batas 180 hari pada harga bahan bakar.

Kabinet menteri mengundurkan diri, dan Nursultan Nazarbayev, mantan pemimpin lama negara itu , digulingkan dari jabatannya yang berpengaruh sebagai kepala Dewan Keamanan Nasional.

Namun, selama beberapa hari berikutnya, demonstrasi berubah menjadi kekerasan, dengan puluhan warga sipil dan petugas penegak hukum tewas.

Di Almaty, bekas ibu kota dan kota terbesar Kazakhstan, pengunjuk rasa membakar gedung-gedung pemerintah dan menyita bandara. Kerusuhan sebagian besar dipadamkan akhir pekan lalu.

Artikel Terkait