Kesekian Kali, Rudal Rusia Bikin Ukraina Mati Lampu Total

Forumterkininews.id, Kiev – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy mengakui bahwa sebagian besar wilayah negaranya mengalami pemadaman listrik usai kembali dihantam rudal Rusia pada Kamis, (29/12).

Melansir Reuters, Zelenskyy dalam pidato malamnya mengatakan bahwa komando udara di Ukraina tengah, selatan, timur dan barat telah memukul mundur 54 rudal Rusia dan 11 drone dalam serangan terbesar sejak invasi itu.

“Tapi ini tidak seberapa dibandingkan dengan apa yang bisa terjadi jika bukan karena pasukan anti-pesawat dan pertahanan udara kita yang heroik,” katanya dikutip Reuters.

Di hari yang sama, serangan udara terdengar di seluruh Ukraina. Rekaman Reuters menunjukkan pekerja darurat melakukan penyelamatan melalui puing-puing rumah penduduk yang terkena rudal.

Para pejabat sebelumnya mengatakan lebih dari 120 rudal ditembakkan selama serangan hari Kamis.

Lebih dari 18 bangunan tempat tinggal dan 10 instalasi infrastruktur penting hancur dalam serangan terbaru.

Gelombang serangan udara Rusia dalam beberapa bulan terakhir yang menargetkan infrastruktur energi telah menyebabkan jutaan orang tanpa listrik dan pemanas dalam suhu yang seringkali membekukan.

Saat ini, pertempuran paling sengit masih terjadi di kota garis depan timur Bakhmut dan Soledar di provinsi Donetsk, salah satu dari empat wilayah yang diklaim telah dianeksasi Rusia pada bulan September.
Yang lainnya adalah Luhansk di timur, dan Kherson dan Zaporizhzhia di selatan.

Artikel Terkait