Kirim Surat ke Putin, Ibu Negara Ukraina Beri Pesan Menohok

Forumterkininews.id, Kiev – Istri Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Olena Zelenska, menulis surat terbuka untuk Presiden Rusia, Vladimir Putin. Dalam surat tersebut, Olena mengatakan apa yang terjadi di negaranya saat ini adalah hal yang mustahil untuk dipercaya.

Surat yang berjudul ‘Saya Bersaksi’ dan ditujukan kepada media dunia, dirilis pada layanan pesan Telegram, Selasa (8/3). Di dalamnya, Olena Zelenska mengatakan serangan yang dilakukan Rusia saat ini adalah pembunuhan.

“Meskipun ada jaminan dari outlet propaganda yang didukung Kremlin, yang menyebut ini sebagai ‘operasi khusus’, akan tetapi ini sebenarnya adalah pembunuhan massal warga sipil Ukraina,” katanya dikutip SkyNews.

Ia juga menyebut Vladimir Putin telah meremehkan Ukraina, yang berdiri dalam persatuan yang tak tertandingi. Dirinya juga menyesalkan kematian anak-anak dalam perang. Dia menyebutkan beberapa dari mereka yang telah meninggal dan melanjutkan dengan mengatakan sekarang ada ratusan anak-anak yang tidak pernah mengenal kedamaian dalam hidup mereka.

Keberadaan Zelenska saat ini tidak diketahui. Suaminya mengatakan pada akhir pekan keluarganya masih di Ukraina. Zelenska mengatakan, alasannya menulis surat lantaran dia kewalahan dengan permintaan wawancara dari banyak media.

“Mungkin yang paling menakutkan dan menghancurkan dari invasi ini adalah korban anak-anak. Alice yang berusia delapan tahun yang meninggal di jalan-jalan Okhtyrka sementara kakeknya mencoba melindunginya. Atau Polina dari Kiev, tewas dalam penembakan dengan orang tuanya. Ketika Rusia mengatakan bahwa itu ‘tidak mengobarkan perang terhadap warga sipil,’ saya menyebut nama anak-anak yang terbunuh ini terlebih dahulu,” katanya lagi dalam surat itu.

Surat itu selanjutnya menggambarkan laki-laki yang membawa keluarga mereka ke perbatasan dan meneteskan air mata, tetapi dengan berani kembali untuk memperjuangkan kebebasan Ukraina. Bagaimanapun katanya, terlepas dari semua kengerian ini, orang Ukraina tidak menyerah.

Artikel Terkait