Klaim Ukraina: Pasukan Militer Rusia Mundur dari Kiev

Forumterkininews.id, Kiev- Juru bicara Kementerian Pertahanan Ukraina Olexandr Motuzyanyk membenarkan jika Rusia telah menarik beberapa pasukan dari arah Kiev dan Chernihiv. Masing-masing di Ukraina tengah dan utara. Menurut Motuzyanyk hal ini untuk mengurangi aktivitas militer di arah Kiev dan Chernihiv.

“Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mencatat relokasi parsial tertentu dari unit individu dari arah Kiev, serta dari arah Chernihiv,” kata Motuzyanyk pada konferensi pers Rabu (30/3), dikutip kantor berita Interfax-Ukraina.

Namun, ia menyebut tidak ada penarikan massal pasukan Rusia dari wilayah itu. Motuzyanyk menyarankan agar pasukan Rusia dapat memperbarui serangan mereka terhadap Kiev dan Chernihiv. Sebab menurut Motuzyanyk Rusia mengalami kerugian besar dalam pertempuran di Kiev dan Chernihiv.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa Rusia telah memutuskan untuk secara signifikan mengurangi aktivitas militer di arah Kiev dan Chernihiv. Santar juga terdengar kabar bahwa Rusia akan menghentikan serangan di Ukraina. Hal itu usai berlangsungnya pembicaraan damai antara delegasi Rusia dan Ukraina di Istanbul, Turki pekan lalu.

Namun tidak demikian dengan Presiden Cechnya, Ramzan Kadyrov. Menurutnya Rusia tidak akan mundur maupun menarik pasukannya dari Ukraina. Senada dengan Kadyrov, Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva juga menyatakan Rusia tidak akan menghentikan invasi ke Ukraina.

Artikel Terkait