Kominfo Umumkan Telah Buka Origin.com Sejak Kemarin

Forumterkininews.id, Jakarta – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan bahwa platform distribusi digital yang dikembangkan oleh Electronic Arts yakni Origin resmi dibuka blokirnya.

Diberitakan Antara, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Origin resmi dibuka blokirnya per 3 Agustus pada pukul 14.00 WIB.

“Menyampaikan bahwa penyelenggara sistem Electronic Ars telah mendaftarkan Sistem Elektronik Origin.com,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dalam siaran pers.

Origin adalah perusahaan yang menaungi game FIFA. Origin masuk ke daftar PSE yang aksesnya dibuka kembali setelah mereka mendaftar sebagai PSE di Indonesia. Kominfo sudah lebih dulu membuka blokir Yahoo, Steam, Dota dan Counter-Strike GO setelah perusahaan mendaftar.

Sebelumnya, layanan PayPal juga sudah kembali normal setelah mereka mendaftar, semula Kominfo berencana membuka sementara PayPal sampai 5 Agustus supaya masyarakat bisa memindahkan dananya.

Nama Origin dan PayPal sudah masuk ke laman PSE Kominfo, tercatat per 3 Agustus. Kementerian Kominfo sempat memblokir situs-situs tersebut pada Sabtu (30/7) karena perusahaan tidak mendaftar sebagai PSE di Indonesia.

Kementerian Kominfo mewajibkan penyelenggara sistem elektronik domestik dan asing untuk mendaftar, sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat.

Kepada PSE yang sudah beroperasi di Indonesia, pemerintah memberikan tenggat waktu sampai 20 Juli supaya layanan mereka tetap bisa digunakan.

Bagi yang tidak mendaftar, Kominfo memberikan sanksi berupa pemutusan akses atau blokir seperti yang terjadi pada Origin, Yahoo, PayPal, Steam, Dota dan Counter-Strike GO beberapa hari lalu.

Blokir akan dibuka jika perusahaan sudah mendaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik di Indonesia.

Sementara bagi PSE yang akan beroperasi di Indonesia, Kementerian Kominfo meminta mereka untuk mendaftar sebagai PSE sebelum membuka layanan mereka.

Artikel Terkait

Live Streaming di Indonesia, Youtuber IShowSpeed Sampai Dibikin Nangis!

FT News - Seorang Youtuber asal Amerika Serikat (AS), IShowSpeed,...

Respon Polos Orang Indonesia saat Bertemu Youtuber Speed: Dia Siapa?

FT News - Youtuber Speed atau IShowSpeed sedang berkunjung...

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...