Komisi III DPR Dukung Usulan Pembangunan Rutan Khusus LPSK

Forumterkininews.id. Jakarta- Anggota Komisi III DPR RI, Supriansa mendukung usulan pembangunan rumah tahanan (Rutan) bagi Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Yang mana rutan ini dikhususkan bagi saksi pelaku yang bekerja sama dengan penegak hukum (justice collaborator) demi menjamin perlindungan.

“Saya menyoroti mengenai usulan pembangunan rutan bagi LPSK yang diperuntukkan bagi saksi dan korban, usulan tersebut jelas sangat tepat terlebih saat ini LPSK belum punya rutan,” kata Supriansa saat menghadiri  Rapat Kerja dengan Ketua LPSK di Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (31/8).

Sampai saat ini katanya,  LPSK memang belum memiliki rutan khusus karena hal tersebut secara administratif berada di bawah kewenangan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham.

Oleh karena itu, ia mendukung pembangunan rutan khusus untuk justice collaborator.

“Anggaran LPSK jika dilihat memang tidak besar pada 2023 kurang lebih Rp200 milliar. Terlebih beban kerjanya memang sudah cukup berat,” imbuhnya.

Supriansa memahami permasalahan anggaran tersebut dan menyebutnya sebagai ketidakberpihakan keuangan negara. Ia pun berpesan agar LPSK harus mampu memposisikan diri sebagai badan yang penting dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Artikel Terkait