Kompak! Prancis dan Jerman Saling Bantu Hadapi Krisis Energi

Forumterkininews.id, Paris- Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengumumkan  Prancis dan Jerman akan saling membantu dalam menghadapi krisis energi dan melewati musim dingin yang akan datang.

Berbicara pada konferensi pers setelah konferensi video dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz, Macron mengatakan Prancis siap untuk mengirimkan lebih banyak gas ke Jerman  jika krisis energi saat ini berlanjut di musim dingin.

“Kami akan menyelesaikan koneksi gas agar dapat mengirimkan gas ke Jerman. Jerman akan siap menghasilkan lebih banyak listrik untuk dibawa ke kami dalam situasi ekstrem,” kata Macron dikutip Xinhua.

Macron juga menyebut bahwa dia mendukung langkah-langkah solidaritas di tingkat Eropa untuk menghadapi krisis energi saat ini.

“Kami mendukung praktik pembelian gas umum yang memungkinkan pembelian lebih murah,” jelasnya.

Namun, dia mengatakan “tidak perlu” untuk pipa gas yang menghubungkan Prancis dan Spanyol.

Mengenai harga energi yang tinggi di Eropa, Macron mengusulkan untuk mengatur mekanisme kontrol untuk operasi spekulatif di tingkat Eropa.

Beberapa hari menjelang pertemuan para menteri energi Uni Eropa (UE), Macron mengatakan bahwa dia mendukung pembatasan harga gas yang dibeli dari Rusia di tingkat UE.

Macron meyakinkan rekan senegaranya bahwa Prancis tidak dalam situasi penjatahan energi, tetapi meminta orang-orang untuk membatasi pemanasan hingga 19 derajat Celcius untuk menghemat energi.

“Jika kita secara kolektif tahu bagaimana berperilaku lebih bijaksana dan menghemat energi di mana-mana, maka tidak akan ada penjatahan atau pemotongan,” tegasnya.

Pada hari Jumat, Macron memimpin pertemuan Dewan Pertahanan tentang krisis energi.

Menteri Transisi Energi Prancis Agnes Pannier-Runacher mengatakan setelah pertemuan bahwa cadangan gas Prancis 92 persen penuh dalam persiapan untuk kemungkinan kekurangan musim dingin ini.

Artikel Terkait