Konflik Masih Melanda PBB Larang Pengungsi Balik ke Sudan

Forumterkininews.id, New York- Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) meminta pemerintah Sudan untuk mengizinkan warga sipil yang melarikan diri dari negara tersebut agar tidak dikirim kembali ke negara yang dilanda konflik.

“Kami menyarankan pemerintah untuk tidak memulangkan orang ke Sudan karena konflik yang terjadi di sana,” kata Elizabeth Tan, Direktur Perlindungan Internasional UNHCR, kepada wartawan dalam sebuah pengarahan di Jenewa, Jumat (5/5).

“Ini berlaku untuk warga negara Sudan, warga negara asing, termasuk pengungsi yang ditampung di Sudan, orang tanpa kewarganegaraan, serta mereka yang tidak memiliki paspor atau bentuk identifikasi lainnya,” imbuhnya.

Konflik di Sudan telah memaksa sekitar 100.000 orang mengungsi ke negara-negara tetangga, menurut PBB, dan menghambat pengiriman bantuan di negara di mana sekitar sepertiga orangnya sudah bergantung pada bantuan kemanusiaan.

Tan mengatakan tidak ada indikasi warga sipil dari Sudan tidak diizinkan masuk ke negara tetangga, meski ada penumpukan orang di perbatasan dengan Mesir.

“Kemungkinan ada kebutuhan perlindungan internasional tingkat tinggi di antara mereka yang melarikan diri,” kata Tan tentang warga sipil yang melarikan diri dari Sudan.

Artikel Terkait