Korban Tewas Gempa Turki- Suriah Capai 28.000

Forumterkininews.id, Antakya- Korban tewas akibat gempa besar di Türki dan Suriah akan “berlipat ganda atau lebih” dari tingkat saat ini 28.000, kata kepala bantuan PBB Martin Griffiths.

Griffiths tiba pada Sabtu (11 Februari) di kota selatan Kahramanmaras, Türkiye, pusat gempa berkekuatan 7,8 skala Richter pertama yang menjungkirbalikkan jutaan nyawa pada dini hari Senin.

Kementerian Kesehatan Suriah melaporkan bahwa sedikitnya 1.387 orang meninggal dunia di Provinsi Aleppo, Latakia, Hama dan Tartus, sedangkan 2.326 orang lainnya mengalami luka.

Menurut Pertahanan Sipil Suriah, sedikitnya 2.166 orang meninggal dunia dan lebih dari 2.950 orang lainnya terluka di daerah yang dikuasai oposisi di barat laut Suriah.

Sejumlah besar bangunan hancur atau rusak di wilayah kekuasaan oposisi di Suriah utara yang merupakan lokasi tim penyelamat panik mencari korban selamat.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Suriah merupakan salah satu negara yang kena dampak gempa selain Turki.

Diberitakan situs resmi Kemlu, untuk memastikan keselamatan WNI pasca gempa di Suriah (7/2), Kemlu RI melalui KBRI Damaskus telah mengirimkan tim ke 4 wilayah terdampak, yakni Hama, Homs, Latakia, dan Aleppo. Keselamatan WNI menjadi prioritas dan perhatian utama KBRI.

Artikel Terkait