Korban Tewas Ledakan Apartemen Ukraina jadi 40 Orang

Forumterkininews.id, Kiev – Korban tewas akibat serangan rudal Rusia di apartemen kota Dnipro, Ukraina, naik menjadi 40 pada Senin (16/1). Sementara puluhan lainnya masih dalam pencarian.

Melansir Reuters, Ukraina mengatakan kematian massal warga sipilnya akibat ledakan itu menunjukkan mengapa dibutuhkan lebih banyak senjata untuk mengalahkan pasukan Rusia 11 bulan setelah mereka menginvasi.

Para pejabat mengakui sedikit harapan untuk menemukan orang lain hidup di reruntuhan serangan hari Sabtu di pusat kota Dnipro itu, tetapi Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan operasi penyelamatan akan berlangsung selama ada sedikit kesempatan untuk menyelamatkan nyawa.

“Puluhan orang diselamatkan dari puing-puing, termasuk enam anak. Kami berjuang untuk setiap orang!” kata Zelenskiy dalam pidato semalam di televisi.

Rusia, yang sejak Oktober telah melakukan serangan besar-besaran di kota-kota Ukraina terutama dengan menargetkan infrastruktur pembangkit listrik, mengatakan tidak dapat disalahkan atas kehancuran di Dnipro karena disebabkan oleh pertahanan udara Ukraina.

Sementara Ukraina mengatakan gedung apartemen itu dihantam oleh rudal kapal-ke-kapal Rusia, jenis yang tidak dapat ditembak jatuh oleh Ukraina. Sedikitnya 40 orang tewas dalam serangan itu dengan 30 orang masih belum ditemukan. Serta ada 75 orang terluka, termasuk 14 anak-anak.

Artikel Terkait