Korea Utara Bantah Pasok Amunisi ke Rusia

Forumterkininews.id, Pyongyang- Kementerian luar negeri Korea Utara membantah laporan media bahwa mereka memasok amunisi ke Rusia, menyebut tudingan itu  tidak berdasar. Korea Utara justru mengecam Amerika Serikat karena menyediakan senjata mematikan ke Ukraina.

Tokyo Shimbun Jepang melaporkan sebelumnya bahwa Korea Utara telah mengirimkan amunisi, termasuk peluru artileri, ke Rusia dengan kereta api melalui perbatasan mereka bulan lalu dan pengiriman tambahan diharapkan dalam beberapa minggu mendatang.

“Laporan palsu media Jepang bahwa DPRK menawarkan amunisi ke Rusia adalah pengalih perhatian yang paling tidak masuk akal, yang tidak layak untuk dikomentari atau ditafsirkan,” kata seorang juru bicara kementerian dikutip KCNA, Jumat (23/12).

Sebelumnya, Gedung Putih mengatakan pada hari Kamis bahwa Korea Utara telah menyelesaikan pengiriman senjata awal ke perusahaan militer swasta Rusia, Grup Wagner, untuk membantu memperkuat pasukan Rusia di Ukraina.

Menurut Gedung Putih, Wagner menerima pengiriman roket infanteri dan misil dari Korea Utara, meskipun pemilik Wagner Yevgeny Prigozhin membantah pernyataan tersebut sebagai gosip dan spekulasi.

Dalam pernyataan terpisah, kementerian luar negeri Korea Utara juga mengecam upaya Amerika Serikat untuk mengeluarkan pernyataan presiden Dewan Keamanan PBB tentang peluncuran rudal balistik antarbenua terbaru.

“DPRK telah dan dengan jelas memperingatkan bahwa upaya bodoh AS seperti itu dapat menimbulkan konsekuensi yang sangat tidak diinginkan,” kata juru bicara itu.

Sejauh ini, Korea Utara telah menguji rudal dalam jumlah paling banyak tahun ini, termasuk rudal balistik antarbenua yang dirancang untuk mencapai daratan AS, yang bertentangan dengan sanksi internasional.

Artikel Terkait