Korea Utara Pecat Jenderal Militer Andalan Kim Jong Un

Forumterkininews.id, Pyongyang – Korea Utara memecat Pak Jong Chon, pejabat militer terkuat kedua setelah pemimpin Kim Jong Un. Sebagai gantinya, Pemerintah menunjuk Ri Yong Gil.

Pak, wakil ketua Komisi Militer Pusat Partai Buruh yang berkuasa dan sekretaris Komite Sentral partai, diberhentikan melalui pertemuan tahunan komite pekan lalu. Hal ini diberitaka kata kantor berita resmi KCNA, Minggu, (1/1).

Tidak ada alasan untuk perubahan itu diberikan. Pyongyang secara teratur mengubah kepemimpinannya dan pertemuan pesta akhir tahun sering digunakan untuk mengumumkan perombakan personel dan keputusan kebijakan utama.

Televisi negara menunjukkan Pak duduk di barisan depan podium dengan kepala tertunduk selama pertemuan.

Dia juga absen dalam foto yang dirilis pada hari Senin oleh kantor berita resmi KCNA tentang kunjungan Hari Tahun Baru Kim ke Istana Matahari Kumsusan yang menampung jenazah kakek dan ayahnya.

Komisi Militer Pusat partai, yang dipimpin oleh Kim, dianggap sebagai badan pembuat keputusan militer paling kuat di negara itu, di atas kementerian pertahanan.

Pengganti Pak datang saat Kim menyerukan pengembangan rudal balistik antarbenua baru dan persenjataan nuklir yang lebih besar untuk melawan Amerika Serikat dan Korea Selatan sebagai kunci strategi pertahanan 2023 negara yang terisolasi itu.

Pemecatan Pak terjadi meskipun Kim sebagian besar memuji kemajuan militer dalam pengembangan senjata selama pertemuan tersebut, tidak seperti bidang lain di mana dia menunjukkan beberapa kesalahan dan menyerukan perbaikan.

Artikel Terkait