Korsel Cabut Aturan Covid-19 Bagi Turis China Bulan Depan

Forumterkininews.id, Seoul- Korea Selatan tidak akan mewajibkan turis dari China untuk melakukan tes Covid-19 pada saat kedatangan mulai bulan depan.

Korea Selatan memberlakukan beberapa pembatasan pada penumpang dari China setelah mencabut kebijakan nol-Covid yang ketat akhir tahun lalu, tetapi telah melonggarkannya, dengan alasan situasi Covid yang membaik di negara tetangganya.

“Pelonggaran tindakan karantina tambahan tampaknya dimungkinkan karena tingkat positif di antara kedatangan dari China telah turun dari 18,4 persen pada minggu pertama Januari menjadi 0,6 persen pada minggu ketiga Februari,” ujar Wamendagri Korsel Kim Sung-ho, dikutip Reuters, Kamis (23/2).

Efektif mulai 1 Maret, Korea Selatan juga akan mengizinkan penerbangan dari China untuk mendarat di bandara selain Bandara Internasional Incheon, yang telah menjadi satu-satunya pintu gerbang penerbangan dari China sejak awal Januari.

Tes PCR wajib sebelum keberangkatan untuk penumpang dari China akan tetap dilakukan hingga 10 Maret, kata Kim, untuk memantau dan mengevaluasi dampak dari relaksasi aturan tersebut.

Juru bicara kementerian luar negeri China Wang Wenbin mengatakan Beijing bersedia mempertimbangkan tindakan timbal balik ketika waktunya tepat.

Korea Selatan sebelumnya kembali mengeluarkan visa jangka pendek untuk pelancong dari China, diikuti oleh pencabutan pembatasan visa serupa oleh Beijing yang diberlakukan sebagai tanggapan atas pembatasan perbatasan Seoul.

Artikel Terkait