Korsel Evakuasi Ribuan Peserta Jambore Pramuka

Forumterkininews.id, Seoul- Korea Selatan mulai mengevakuasi ribuan remaja peserta Jambore Pramuka Dunia pada Selasa, (8/8), dari tempat perkemahan di barat daya negara itu ke daerah yang lebih aman menjelang kedatangan Topan Khanun.

Melansir Reuters, evakuasi tersebut merupakan pukulan terakhir bagi jambore 10 hari itu, setelah ratusan orang jatuh sakit akibat gelombang panas dan di tengah meningkatnya keluhan dari orang tua.

Topan Khanun, yang telah mendatangkan malapetaka di Jepang selatan, diperkirakan akan melanda wilayah Korea Selatan pada Kamis sebelum menyebar ke semenanjung, membawa angin kencang dan hujan, menurut peramal cuaca.

Baca Juga: Jambore Pramuka Korsel Dibubarkan Lebih Awal

Di perkemahan yang luas di loaksi perkemahan, para peserta melipat tenda dan bersiap, sebelum membawa ransel mereka yang penuh muatan untuk naik bus terdekat.

Lebih dari 1.000 bus dikerahkan untuk memindahkan 36.000 peserta  di perkemahan yang diikuti lebih dari 150 negara tersebut.

Pemulangan mereka akan dikawal oleh helikopter polisi dan mobil patroli, kata Menteri Dalam Negeri Lee Sang-min dalam pengarahan.

Sementara itu, Seoul dan provinsi sekitarnya, Gyeonggi akan menampung lebih dari 16.000 peserta pramuka, dengan yang lain menyebar ke enam wilayah lain di Korea Selatan.

Artikel Terkait