Korut Gantikan Peran Guru dengan Robot Pintar

Forumterkininews.id, Pyongyang- Korea Utara menggunakan robot humanoid alias robot pintar untuk menggantikan peran guru sebagai tenaga pengajar.

Melansir Skynews, robot itu nantinya akan mengajar para murid mata pelajaran seperti bahasa Inggris, matematika, dan musik.

Robot yang nampak seperti mainan dengan bendera negara Korea Utara di dadanya itu, didemonstrasikan di televisi pemerintah KRT. Robot tersebut merupakan salah satu perwujudan reformasi pendidikan dan inovasi teknologi oleh pemimpin Korea Utara  Kim Jong Un .

Robot setinggi 80 cm itu terlihat bergerak di sekitar ruang kelas di sebuah universitas di  Pyongyang dan melambaikan tangannya sambil berkata dengan suara perempuan: “Saya membantu mengajarkan teknologi pendidikan yang meningkatkan kecerdasan anak-anak.”

Dua android yang lebih tinggi juga ditampilkan dalam kesempatan itu. Satu dengan wajah tersenyum di layar yang tertanam di dalam kepala bulat putih, dan yang lain mengenakan setelan biru dan kacamata berbingkai putih.

Park Kum Hee, seorang profesor di sebuah universitas di Pyongyang, mengatakan kepada KRT ada kesulitan mengembangkan robot pendidikan, yang awalnya menggelengkan kepala ketika ditanya pertanyaan dalam bahasa Korea dan bahasa asing.

“Meningkatkan kecerdasan robot ini sulit bagi saya sebagai seseorang yang mengambil jurusan psikologi, “katanya.

Artikel Terkait