Kritik UU LGBT, Paus Fransiskus: Homoseksual Bukan Kejahatan

Forumterkininews.id, Vatikan- Paus Fransiskus  mengkritik undang-undang yang mengkriminalkan homoseksualitas dan menyebut hal itu sebagai tindakan tidak adil.

Melansir AP, ia mengatakan bahwa Tuhan mencintai semua anak-Nya sebagaimana adanya. Dia meminta para uskup Katolik yang mendukung undang-undang tersebut untuk menyambut orang-orang LGBT ke dalam gereja.

“Menjadi homoseksual bukanlah kejahatan,” kata Francis dalam wawancara eksklusif pada Selasa, (24/1)  dengan The Associated Press.

Paus  mengakui bahwa para uskup Katolik di beberapa bagian dunia mendukung undang-undang yang mengkriminalkan homoseksualitas atau mendiskriminasi orang LGBT, dan dia sendiri menyebut masalah ini sebagai “dosa”.

Namun dia mengaitkan sikap seperti itu dengan latar belakang budaya, dan mengatakan para uskup khususnya perlu menjalani proses perubahan untuk mengakui martabat setiap orang.

“Para uskup ini harus memiliki proses pertobatan. Mereka harus menerapkan kelembutan, seperti yang Tuhan miliki untuk kita masing-masing.”tandasnya.

Komentar Paus adalah yang pertama yang diucapkan oleh seorang paus tentang undang-undang semacam itu. Tetapi mereka juga konsisten dengan pendekatannya secara keseluruhan terhadap orang-orang LGBT.

Seperti diketahui, sekitar 67 negara atau yurisdiksi di seluruh dunia mengkriminalkan aktivitas seksual sesama jenis dengan 11 di antaranya dapat atau memang menjatuhkan hukuman mati, menurut The Human Dignity Trust, yang berupaya untuk mengakhiri undang-undang tersebut.

Para ahli mengatakan bahkan ketika hukum tidak ditegakkan, mereka berkontribusi pada pelecehan, stigmatisasi, dan kekerasan terhadap orang-orang LGBT.

Artikel Terkait