KTT Y20 Berakhir, Empat Komunike Diserahkan, Apa Saja?

Forumterkininews.id, Bandung – Rangkaian KTT Y20 Indonesia resmi berakhir dengan penyerahan dokumen rekomendasi kebijakan (Komunike) kepada pemerintah RI dalam Closing Ceremony di Intercontinental Bandung Dago Pakar, Jumat (22/7).

Komunike ini merupakan hasil perundingan selama berbulan-bulan yang melibatkan puluhan perwakilan anak muda dari negara-negara G20.

Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Rahayu Saraswati menyerahkan Komunike yang fokus pada empat isu prioritas kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diwakili Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

Keempat isu prioritas tersebut meliputi ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman dan inklusi.

Dengan diberikannya Komunike kepada pemerintah, harapannya Presiden Jokowi dapat menyampaikan aspirasi pemuda ini ke KTT G20 di Bali pada November 2022.

“Kami anak muda ada di sini untuk berkontribusi dan kami membutuhkan kesempatan. Berikan kami tempat duduk dan kami berjanji kami tidak akan mengecewakan Anda, bahkan di KTT G20,”ungkap  Saraswati dalam sambutannya.

“Delegasi Y20 mendesak adanya perwakilan Y20 di acara puncak KTT mendorong dan memengaruhi keputusan pemimpin dunia,” jelasnya.

Saraswati menjelaskan, beberapa poin yang diadopsi Komunike ini di antaranya transformasi sistem pangan dan akselerasi transisi energi.

Ia menambahkan, Y20 juga mendesak pemimpin negara G20 untuk membentuk multi-stakeholder digital well-being charter pada 2023.

Serta poin-poin lainnya yang  berkaitan dengan ekosistem kewirausahaan sosial dan pendidikan yang berkualitas dan inklusif

Artikel Terkait