Kunjungi AS, Zelenskyy Beri Kejutan di Bulan ke-10 Perang

Forumterkininews.id, Kiev – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy sering mengejutkan dunia dengan perjalanannya ke medan perang. Tetapi kunjungannya ke Washington, AS mungkin menjadi hal paling mengejutkan di bulan ke-10 perang.

“Dalam perjalanan ke Amerika Serikat untuk memperkuat ketahanan dan kemampuan pertahanan Ukraina,” kata Zelenskiy di akun Twitternya Rabu, (21/12) pagi dikutip Reuters.

Kunjungan itu, diketahui  untuk mendesak bantuan militer telah memberikan kejutan terbesar dalam 10 bulan sejak Rusia menginvasi negaranya.

Dia akan bertemu dengan Presiden Joe Biden dan mengunjungi Kongres. Ia juga akan memohon lebih banyak persenjataan untuk melawan serangan tanpa henti Rusia.

Zelenskyy yang menjabat presiden sejak 2019,  telah menegaskan kepemimpinannya untuk tetap tinggal di negaranya yang babak belur, dekat dengan rakyat dan tentara yang berperang.

Pada hari Selasa, Zelenskiy telah melakukan kunjungan mendadak ke kota garis depan timur Bakhmut, tempat beberapa pertempuran paling sengit dalam perang. Zelenskyy sebelumnya juga  telah bersumpah untuk membebaskan negaranya dengan cara apa pun.

“Kami akan melakukan segala yang mungkin dan tidak mungkin, diharapkan dan tidak terduga, sehingga para pahlawan kami memiliki semua yang mereka butuhkan untuk menang,” tandasnya.

Artikel Terkait