Kunjungi Doha, Menlu Retno Bahas Masalah Perempuan di Aghanistan

Forumterkininews.id, Doha – Menteri Luar Negeri Indonesia melakukan kunjungan ke Doha, Qatar. Ada dua hal besar yang dilakukannya. Salah satunya melakukan pertemuan dengan Minister of State for International Cooperation, Lolwah Al-Khater.

Menlu Retno mengatakan, pertemuan tersebut membahas mengenai nasib perempuan yang ada di Afghanistan.

“Dalam pertemuan kami perteguh komitmen untuk terus meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, khususnya di bidang ekonomi. Kita juga lakukan compare note terkait isu Afghanistan,” katanya.

Sebagai informasi, State Minister Lolwah diberikan mandat oleh Pemerintah Qatar untuk isu Afghanistan.

“Kami juga membahas upaya untuk terus dorong pemajuan hak-hak perempuan di Afghanistan,” kata Menlu Retno dalam press briefing.

“Kami sepakat untuk membantu rakyat Afghanistan, terutama untuk dua bidang utama, yaitu kesehatan dan pendidikan,” tambahnya

Khusus mengenai pendidikan, dibahas beberapa beasiswa yang akan ditawarkan kepada rakyat Afghanistan terutama untuk kaum perempuan.

Dan guna menindaklanjuti International Conference on Afghan Women Education yang diselenggarakan Desember tahun lalu di Bali, maka direncanakan akan dilakukan pertemuan serupa di Doha pada November tahun ini.

“Selain itu, kami berdua juga sepakat untuk melanjutkan Dialog Trilateral Ulama Indonesia-Qatar-Afghanistan yang kedua kalinya,” lanjutnya.

Artikel Terkait