Kunjungi Iran, Kondisi Putin Jadi Sorotan

Forumterkininews.id, Teheran- Presiden Rusia Vladimir Putin tiba di Iran pada Selasa (19/7)  untuk perjalanan luar negeri keduanya sejak ia memerintahkan invasi ke Ukraina pada Februari lalu.

Melansir Metro.co.uk, kondisi kedatangannya telah memicu desas-desus tentang kesehatannya, yang telah membayangi laporan tentang pertemuannya dengan pemimpin tertinggi Iran Ali Khamenei dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Kedatangannya di Teheran terjadi setelah berbulan-bulan spekulasi tentang dugaan diagnosis kanker dan penyakit Parkinson.

Dikelilingi oleh penjaga keamanan di bandara Iran, Putin melambai sebentar kepada orang banyak sebelum berlalu dalam konvoi kepresidenannya ke kota.

Kunjungannya dipandang sebagai kesempatan untuk memperdalam hubungan Rusia dengan Iran, salah satu dari sedikit sekutu internasional negara itu yang tersisa. Dugaan itu muncul di tengah peringatan dari Gedung Putih bahwa Iran sedang bersiap untuk menjual ‘ratusan’ drone ke Rusia untuk digunakan di Ukraina.

Penasihat keamanan nasional Joe Biden mengatakan AS memiliki informasi bahwa Teheran sedang bersiap untuk meningkatkan persenjataan Moskow dengan kendaraan udara tak berawak (UAV).

Dalam beberapa pekan terakhir, para pejabat Rusia mengunjungi sebuah lapangan terbang di Iran tengah dua kali untuk meninjau drone berkemampuan senjatanya. Perjalanan Putin juga dilakukan hanya beberapa hari setelah perjalanan Presiden AS Joe Biden ke Israel dan Arab Saudi.

Artikel Terkait