Kunjungi Pakistan, PBB Beri Bantuan untuk Korban Banjir

Forumterkininews.id, Islamabad – Sekretaris Jenderal PBB António Guterres tiba di Pakistan. Dia datang untuk memberikan bantuan pada korban banjir parah di negara itu.

Melansir Reuters, Guterres juga dijadwalkan untuk bertemu dengan Perdana Menteri Shehbaz Sharif dan secara bersama-sama mengunjungi daerah-daerah yang tergenang dalam kunjungan dua harinya.

“Saya telah tiba di Pakistan untuk mengungkapkan solidaritas saya yang mendalam dengan rakyat Pakistan setelah banjir yang menghancurkan,” katanya.

“Saya meminta dukungan besar-besaran dari komunitas internasional saat Pakistan menanggapi bencana iklim ini,” lanjutnya.

Baca Juga : Hujan Deras dan Banjir Tenggelamkan Sepertiga Wilayah Pakistan

Sejauh ini, PBB sendiri  telah meluncurkan seruan bantuan $160 juta (Rp2,3 Triliun) untuk Pakistan. Meskipun Pakistan memperkirakan banjir telah menyebabkan kerugian sekitar $10 miliar.

“Kunjungan Sekjen akan lebih meningkatkan kesadaran global tentang skala besar bencana ini dan mengakibatkan hilangnya nyawa dan kehancuran yang meluas,” kata kementerian luar negeri Pakistan dalam sebuah pernyataan.

Pada bulan Juli dan Agustus, Pakistan mendapat curah hujan 391 mm (15,4 inci), atau hampir 190% lebih banyak dari rata-rata 30 tahun.

Rekor hujan monsun dan pencairan gletser di pegunungan utara, telah memicu banjir yang menyapu rumah, jalan, rel kereta api, jembatan, ternak, dan tanaman, dan menewaskan lebih dari 1.391 orang.

Sebagian besar wilayah negara itu terendam air dan ratusan ribu orang terpaksa meninggalkan rumah mereka, sementara kehidupan hampir 33 juta orang telah terganggu, kata pemerintah.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan lebih dari 6,4 juta orang membutuhkan dukungan kemanusiaan di daerah banjir di Pakistan.

Artikel Terkait