Kuota 4.446 Formasi, Seleksi CPNS Pemprov Jateng 2024 Pekan Ketiga Agustus

FTNews, Semarang— Tahapan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, rencananya dimulai pada pekan ketiga Agustus 2024. Pada 2024 ini, Jateng mendapat kuota CASN (PNS dan PPPK) total 4.446 formasi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng Rahmah Nur Hayati mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Badan Kepegawaian Nasional, terkait hal tersebut.

“Berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Menpan dan BKN, rangkaian seleksi dimulai pada minggu ketiga bulan Agustus (tahap pengumuman dan pendataran),” ujarnya via pesan singkat, Jumat (16/8/2024), dilansir Diskominfo Jateng.

Terkait Surat Edaran BKN bernomor 5419/B-KS.04.01/SD/K/2023 tentang jadwal seleksi pengadaan PNS 2024, Rahmah membenarkan hal tersebut. Ia menyebut, hal itu akan menjadi acuan pelaksanaan pendaftaran CPNS di Provinsi Jawa Tengah.

Pada surat edaran bertanggal 13 Agustus 2024 itu, terlampir jadwal seleksi pengadaan CPNS tahun 2024. Tahapan dimulai dengan pengumuman seleksi pada 19 Agustus 2024 hingga 2 September 2024.

“Benar, hal itu dijadikan sebagai acuan bagi panitia seleksi daerah (untuk seleksi PNS) memedomani tahapan dari BKN,” tuturnya.

Rahmah mengatakan, berdasar regulasi, proses seleksi CPNS, dilaksanakan dimulai lebih dulu. Sementara untuk seleksi PPPK menyusul. Pada 2024, Jateng mendapat kuota CASN (PNS dan PPPK) total 4.446 formasi. Dari jumlah tersebut kuota untuk CPNS sebanyak 265 formasi, dan PPPK 4.181 formasi.

Secara umum, seluruh proses pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman SSCASN BKN. Pada laman tersebut pelamar diwajibkan membuat akun berdasarkan NIK.

Akun tersebut nantinya menjadi media pelamar untuk mengikuti seluruh rangkaian seleksi mulai dari pendaftaran, pengumpulan syarat dokumen hingga pengumuman hasil seleksi.

Oleh karenanya, Rahmah mengajak mereka yang berminat jadi abdi negara mempersiapkan diri. Ia menegaskan setiap jenjang seleksi penerimaan aparatur sipil negara terbuka dan tidak dipungut biaya.

BACA JUGA:   Perjalanan Musik Krishna Dinata

Dia mengingatkan agar mereka yang ingin ikut seleksi, selalu meng-update informasi dari laman resmi dan tidak mudah percaya rayuan oknum tidak bertanggung jawab. Untuk informasi lebih lanjut, dapat bertanya melalui ⁠helpdesk pengadaan ASN pada nomor +6281296400029, instagram @bkdprovjateng, dan ⁠website bkd.jatengprov.go.id .

“⁠Jangan percaya terhadap oknum yang menawarkan mampu meloloskan seleksi CASN dengan memberikan nominal imbalan. Seluruh tahapan seleksi dilaksanakan secara terbuka, real time dan gratis,” pungkas Rahmah.***

Artikel Terkait

Sempat Ranking 19, Kini Jateng Bercokol di Urutan 6 PON XXI

FTNews, Semarang--- Sempat bertengger di ranking 19, kini Jawa...

Genjot PAD, Sekda Jateng Usulkan Kepatuhan Wajib Pajak Jadi Indikator Kinerja

FTNews, Semarang--- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno,...

Jateng dan UEA Godok Kerja Sama Modernisasi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

FTNews, Semarang--- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Uni Emirat...

Support Perkembangan UMKM, Pemkab Purbalingga Siapkan Dana Hibah Rp1,3 Miliar

FTNews, Purbalingga--- Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) menjadi...

Atasi Kekeringan, BPBD Salurkan 1 Juta Liter Lebih Air Bersih ke Puluhan Desa di Rembang

FTNews, Rembang--- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang...