Lagi, Korea Utara Lepaskan Rudal Balistik

Forumterkininews.id, Pyongyang- Korea Utara dilaporkan kembali menembakkan rudal balistik pada Selasa (11/1), demikian diungkapkan militer Korea Selatan dan penjaga pantai Jepang.

Dijelaskan Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS), seperti dikutip Reuters, peluncuran rudal balistik yang dicurigai itu terdeteksi sekitar pukul 07.27 pagi waktu setempat dari daerah pedalaman Korea Utara menuju laut di lepas pantai timurnya.

Proyektil itu tampaknya telah mendarat di luar zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang, lapor kantor berita Kyodo, mengutip sumber-sumber pemerintah di Tokyo.

Peluncuran rudal oleh Korea Utara yang bersenjata nuklir menggarisbawahi janji Tahun Baru pemimpin Kim Jong Un untuk meningkatkan militer guna melawan situasi internasional yang tidak stabil di tengah pembicaraan yang terhenti dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

“Militer (Korea Selatan) mempertahankan postur kesiapan sambil memantau dengan cermat tren terkait di bawah kerja sama erat antara (Korea Selatan) dan AS dalam persiapan untuk peluncuran tambahan,” kata pernyataan JCS.

Saat ini, Badan intelijen Korea Selatan dan AS sedang melakukan analisis rinci untuk informasi tambahan.

Pekan Lalu, Korea Utara juga menggemparkan Korea Selatan dan Jepang saat negara pimpinan Kim Jong Un itu menembakkan rudal balistik ke Laut yang pada akhirnya memicu kekhawatiran sejumlah pihak.

Ini juga merupakan peluncuran rudal kedua Korut dalam dua pekan terakhir.

Artikel Terkait