Lagi, Puluhan Warga Sipil Ukraina Tewas Dihantam Rudal Rusia

Forumterkininews.id, Moskow- Sedikitnya 23 orang tewas dan 28 terluka dalam serangan rudal Rusia yang menghantam konvoi kendaraan warga sipil di dekat kota Zaporizhzhia, Ukraina selatan.

Melansir Reuters, seorang saksi mata  melihat sekitar 12 mayat, empat di antaranya berada di dalam mobil saat kejadian pada Jumat (30/9). Saksi mata itu juga  mengatakan sebuah rudal telah meninggalkan lubang di tanah dekat dua barisan kendaraan di sebuah pasar mobil.

Gubernur regional Zaporizhzhia Oleksandr Starukh dalam pesan Telegramnya juga mengatakan seluruh korban tewas dan terluka merupakan warga sipil.

Tabrakan itu katanya, melemparkan bongkahan tanah ke udara dan menyemprot kendaraan dengan pecahan peluru. Membuat jendela-jendela kendaraan yang sebagian besar mobil dan tiga van, pecah. Kendaraan-kendaraan itu penuh sesak dengan barang-barang milik penumpang, selimut, dan koper.

Rusia menginvasi Ukraina 24 Februari 2022. Aksi ini disebutnya sebagai operasi militer khusus. Sekaligus membantah sengaja menargetkan warga sipil meskipun serangannya telah menghancurkan kota-kota di Ukraina.

Artikel Terkait