Mobile Ad
Agustus Tahun Ini, 200 Kamar Hotel Sudah Tersedia di IKN

Senin, 12 Feb 2024

FTNews - Dalam rangka mendukung penyelenggaraan upacara Peringatan Kemerdekaan pada 17 Agustus tahun ini, sebanyak 200 kamar hotel sudah tersedia di Ibu Kota Nusantara (IKN) hingga bulan Agustus 2024.

Kepala Otorita IKN (OIKN) Bambang Susantono menyebut, pembangunan 200 kamar hotel ini sekaligus menjadi penanda mulainya pemindahan pusat pemerintahan untuk tahap pertama.

"Insya Allah hampir semua sudah jadi Agustus nanti. Bahkan salah satu hotel juga sudah tersedia oleh swasta 200 kamar, itu Hotel Nusantara namanya," kata Bambang dalam keterangannya, Senin (12/2).

Bambang menambahkan, Hotel Nusantara sendiri dibangun oleh Konsorsium Nusantara. Yang terdiri dari Agung Sedayu Group, Adaro, Sinarmas, Salim Group, Astra, dan  BaritoPacific.

Serta PULAUINTAN, Mulia Group, Kawan Lama, dan Alfamart. Dengan  total investasi sekitar Rp20 triliun untuk membangun Mall, Hotel, dan Perkantoran.

Groundbreaking proyek tersebut sudah berlangsung sejak bulan September 2023 lalu.
Bukan Cuma Hotel

Selain hotel, lebih lanjut Bambang menjelaskan 4 kantor Kemenko, Istana dan Kantor Presiden juga ditargetkan rampung.

Dan secara keseluruhan sudah dapat berfungsi mulai bulan Juli mendatang.

Kemudian sektor hunian yang terdiri dari hunian PNS dan rumah tapak jabatan Menteri juga targetnya rampung sebelum Agustus.

Sebagai informasi, Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah membangun 47 tower rusun ASN. Targetnya hingga bulan Juli 2024 mendatang telah rampung terlebih dulu sebanyak 12 tower.

"Jadi kita bertekad Agustus selenggarakan upacara. Tentu belum selesai semua ya, in progress. Tapi paling tidak mereka yang hadir upacara bisa melihat, bahwa ini satu ekosistem yang kita kembangkan,"pungkasnya.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement