Mobile Ad
Aiman Witjaksono Bakal Diperiksa Polisi Hari Ini

Jumat, 26 Jan 2024

FTNews - Jubir Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Aiman Witjaksono bakal diperiksa soal kasus tudingan ‘Polisi Dukung Prabowo’, di Polda Metro Jaya, Jumat (26/1) hari ini.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyebutkan, pemeriksaan terhadap Aiman sesuai jadwal yang ditetapkan.

“Pemeriksaan Aiman sesuai jadwal,” ucap Ade Safri, dalam keterangannya Jumat (26/1).

Ia menyebut, pemeriksaan Aiman yang masih berstatus saksi dalam pelaporan ini nantinya berlangsung di ruang riksa Subdit Cyber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, sekitar pukul 09.00 WIB.


Kemudian dalam hal ini pihak kepolisian hanya menjadwalkan pemeriksaan terhadap Aiman Witjaksono dan tidak ada saksi lain yang berbarengan.

“Pemeriksaan tunggal,” jelas Ade Safri.

Sementara itu, Aiman Witjaksono sendiri mengaku telah menerima surat panggilan dan akan memenuhi panggilan pemeriksaan.


“Sudah (diterima suratnya). InsyaAllah saya akan hadir di Polda Metro,” kata Aiman.

Selanjutnya, tidak ada persiapan khusus serta bukti tambahan yang Aiman miliki untuk menjalani pemeriksaan.

Pasalnya hal ini telah disampaikan pada pemeriksaan sebelumnya.

“Bukti-bukti kan sudah saya sampaikan pada pemeriksaan pertama,” beber Aiman.

Sebelumnya, Tim penyidik Subdit Cyber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya meningkatkan status kasus Aiman Witjaksono ke tahap penyidikan. Kasus ini terkait dugaan penyebaran berita bohong soal tudingan ‘Polisi Dukung Prabowo’.

Kata Ade Safri, peningkatan status ini pihaknya lakukan usai gelar perkara pada Kamis, 28 Desember 2023 kemarin.

“Melakukan gelar perkara untuk perkara terlapor AW naik sidik,” ujarnya, kepada wartawan, pada Jumat (29/12/23) lalu.

Sementara itu Ade Safri menuturkan, langkah selanjutnya akan kembali memanggil terlapor Aiman. Namun ia belum dapat memastikan terkait jadwal pemanggilan selanjutnya.

“Pemanggilannya nanti kita update,” ucap Ade Safri.

Hormati Proses Hukum

Sementara itu Kuasa Hukum Aiman Witjaksono, Ronny Talapessy mengatakan pihaknya akan tetap menghormati proses hukum yang tengah berjalan di Polda Metro saat ini.

“Tentu kami menghormati proses hukum yang sedang berjalan di Polda Metro Jaya. Kita akan terus hadapi proses hukum yang terjadi terhadap Mas Aiman. Kami di TPN sedang membahas strategi hukum dalam hal pendampingan terhadap Mas Aiman,” ujar Ronny.

Kemudian Ronny menuturkan, dalam peningkatan status ini pihaknya merasa kecewa lantaran kebebasan pendapat mendapat suatu tantangan yang serius.

“Padahal seharusnya hukum itu melindungi hak rakyat dalam hal kebebasan berpendapat, bukan malah sebaliknya dibungkam dan dikriminalisasi,” ungkap Ronny.

Selanjutnya Ronny menjelaskan, pihaknya kembali mengingatkan kepada penegak hukum untuk tetap netral di Pemilu 2024 dan tidak menggunakan hukum sebagai instrumen dalam rangka menekan tim-tim paslon, tim Capres tertentu.

“Kami heran mengapa semua serba kebetulan dan bersamaan tim capres tertentu mendapat tekanan dari sisi hukum. Tentu saja saya tidak menuduh tapi ini menjadi pertanyaan karena semua serba kebetulan. Sehingga publik perlu terus memantau dan mengingatkan aparat penegak hukum untuk tetap netral dalam Pemilu 2024 ini,” tutup Ronny.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement