Mobile Ad
Angkat Bendera Offside, Wasit 'Match Fixing' Dibayar Ratusan Juta Rupiah!

Kamis, 28 Sep 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Jumlah bayaran yang diterima wasit yang terlibat pengaturan skor atau match fixing di Liga Indonesia mencapai ratusan juta rupiah. Demikian diungkapSatuan Tugas (Satgas) Mafia Bola Polri.

Wakabareskrim Polri yang juga Ketua Satgas Anti Mafia Bola, Irjen Asep Edi Suheri mengatakan bahwa wasit menerima uang ratusan juga dari klub yang akan bertanding.

“Pihak klub memberikan uang sebesar Rp100 juta kepada para wasit di hotel tempat para wasit menginap, dengan maksud agar klub X menang dalam pertandingan melawan klub Y," ucap Asep, dalam keterangannya, pada Kamis (28/9).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pertandingan tersebut berlangsung pada 2018, oleh klub yang saat itu menghuni kasta Liga 2. Namun Asep tidak memerinci club yang melakukan praktik match fixing.

“Mereka telah mengeluarkan uang Rp1 miliar untuk melobi para wasit di sejumlah pertandingan. Klub yang terlibat pada saat ini masih aktif pada pertandingan," kata Asep.

"Pihak wasit adalah mengatur jalannya pertandingan untuk memenangkan klub x. Salah satunya dengan tidak mengankat bendera saat offside, dan para wasit yang terlibat bertugas memimpin pertandingan Liga 2," papar Asep.

Kemudian Asep mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan dan tidak menutup kemungkinan akan menetapkan tersangka baru.

"Nanti itu akan kita naikan ke atas. Tunggu, pasti akan ada tersangka baru dalam hal ini," tutup Asep.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement