Mobile Ad
Arus Balik Lebaran, Kemenhub Siapkan Kapal Negara Bagi Pemudik

Sabtu, 13 Apr 2024

FTNews - Puncak arus balik Lebaran 2024 diprediksi terjadi besok, Minggu (14/4). Mengantisipasi kondisi ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan kapal negara untuk memaksimalkan pelayanan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya menyiapkan kapal negara dan swasta agar pelayanan berjalan lancar. Kapal ini beroperasi di rute Pelabuhan Panjang (Lampung)-Ciwandan (Cilegon).

"Untuk memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan arus balik, Kementerian Perhubungan menyiapkan armada kapal negara dan swasta dengan rute Panjang-Ciwandan pada 12-18 April 2024,” kata Budi dalam keterangan di Jakarta dikutip Antara, Sabtu, (13/4).

Kapal untuk arus balik lebaran yang disiapkan ialah kapal negara kenavigasian KN Edam dan kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai KN Trisula. Kapal itu akan berangkat pada pukul 12.00 WIB, 14.00 WIB, serta pukul 16.00 WIB.

Kapal swasta yang disiapkan adalah KMP Panorama Nusantara dan KMP ALS Elvina pada 12 April 2024. Sementara pada 13-18 April kapal KMP Panorama Nusantara, KMP ALS Elvina, dan KMP Amadea akan beroperasi.

Kapal-kapan pengangkut arus balik ini diperuntukan untuk angkutan kendaraan sepeda motor dan mobil kecil. Sementara mobil truk tiga sumbu tidak boleh beroperasi.

Pemaksimalan pelabuhan alternatif ini bertujuan memberikan manfaat agar pemudik dapat beristirahat lebih panjang, di samping untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Merak pada arus balik lebaran.

"Kami maksimalkan Pelabuhan Panjang di Tanjung Karang, Lampung. Karena, jika ke Panjang maka menghemat hampir 1 jam perjalanan bagi yang ingin ke Ibu Kota Lampung. Ini sangat positif," ujarnya

Budi mengajak masyarakat agar memanfaatkan pelayanan arus balik lebaran ini dengan tertib dan sesuai aturan. Tujuannya, agar keamanan dan kelancaran perjalanan berjalan baik.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement