Mobile Ad
Bareskrim Sebut Terpidana Bharada Richard Eliezer Tidak Ditempatkan di Sel Khusus 

Selasa, 28 Feb 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Polri menyebut terpidana Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E tidak ditempatkan di sel khusus yang ada di Rutan Bareskrim.

Kepala Bagian Tahti RoRenmin Bareskrim Polri, Kombes Pol Gatot Agus Budi Utomo mengatakan bahwa tidak ada sel atau tempat khusus untuk terpidana Bharada Richard Eliezer selama menjalani sisa waktu masa penahanan sebagai warga binaan Lapas Salemba yang dititipkan di Rutan Bareskrim Polri.

"Betul RE ditempatkan di Rutan Bareskrim Polri di sel biasa sama dengan tahanan lainnya," kata Gatot saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (28/2).

Gatot menegaskan tidak ada sel khusus di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri, Jakarta.

Sel yang ditempati oleh terpidana Richard Eliezer (RE) sama seperti tahanan lainnya selama menjalani sisa masa hukuman penjara berdasarkan vonis Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) selama satu tahun enam bulan dipotong masa tahanan.

"Kamarnya (sel) sama saja tidak ada sel khusus atau perlakuan khusus," ujarnya.

Diketahui, terpidana Bharada Richard Eliezer resmi menjalani masa pemidanaan setelah dieksekusi oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Senin (27/2). Dirinya akan menjalani vonis satu tahun enam bulan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Salemba sebagai warga binaan.

Namun, atas rekomendasi LPSK, penahanan Bharada Richard Eliezer dititipkan di Rutan Bareskrim Polri atas pertimbangan keamanan, keselamatan dan pembinaan.

Padahal Bharada RE dengan status sebagai terpidana harus menjalani masa penahanan di Lapas.

Gatot menambahkan Rutan Bareskrim Polri tidak mempunyai sel khusus. Sama seperti sel atau kamar yang ditempati oleh tahanan. Termasuk Bharada Richard Eliezer, hanya selama penahanannya ada penambahan pengamanan dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

"Kamarnya sama saja tidak ada sel khusus atau perlakuan khusus. Hanya RE ada perkuatan pengamanan dari LPSK," tegas Gatot.

Setelah dieksekusi ke Lapas Kelas IIA Salemba pada Senin siang. Malam harinya, Bharada Richard Eliezer dititipkan ke Rutan Bareskrim Polri.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement