Mobile Ad
Bawas MA Lakukan Operasi Etik Tangkap Tangan Terhadap Oknum Jurusita

Selasa, 30 Mei 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Badan Pengawasan (Bawas) Mahkamah Agung (MA) telah melakukan operasi etik tangkap tangan. Adalah oknum Jurusita Pengadilan Negeri Jakarta Barat (PN Jakbar) yang ditangkap.

Operasi tangkap tangan dalam rangka penegakan etik terhadap pegawai pengadilan yang dilakukan pada Rabu, 17 Mei 2023. Sekitar pukul 14.32 WIB, di JPO Jl Letjen S Parman, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat.

Ketua Bawas MA RI, Sugiyanto mengatakan dalam operasi etik tangkap tangan tersebut, Tim Mystery Shopper (MS) Bawas telah mengamankan sejumlah uang. Dari
tangan terperiksa, dalam hal ini oknum Juru Sita PN Jakbar bernama Sugianto.

Menurutnya, operasi itu berkaitan adanya dugaan pungli dan pemerasan yang dilakukan oleh oknum jurusita senior PN Jakbar. Dalam proses pengurusan pengajuan permohonan penundaan eksekusi dalam suatu perkara.

"Sesaat setelah dilakukan operasi etik tangkap tangan terhadap oknum Jurusita tersebut. Kemudian yang bersangkutan langsung dibawa ke kantor Badan Pengawasan MA RI. Untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," kata Sugiyanto dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (30/5).

Selain melakukan pemeriksaan intensif terhadap oknum jurusita PN Jakbar, lanjut dia, tim pemeriksa Bawas juga melakukan pemeriksaan terhadap atasan langsung dari jurusita PN Jakbar untuk memastikan ada tidaknya keterkaitan pihak-pihak lain dalam kasus pemerasan.

"Serta untuk memastikan apakah mereka selaku atasan langsung telah melaksanakan fungsi pengawasan dan pembinaan. Sebagaimana diamanahkan oleh Perma Nomor 8 Tahun 2016," ucapnya.

Selain itu, Sugiyanto menuturkan bahwa tim pemeriksa Bawas MA juga mengembangkan pemeriksaan kasus pungli dan pemerasan dengan melakukan pemeriksaan kepada pihak-pihak terkait lainnya untuk memastikan kasus ini bisa diusut dan diperiksa secara tuntas.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement