Mobile Ad
Berburu Kuliner Pati sampai ke Kramatjati

Minggu, 21 Apr 2024

FTNews – Ada pameo di dunia kuliner, “belum ke Pati kalau belum makan nasi gandul”. Percayalah, pameo itu sudah tidak berlaku. Sebab, Anda tidak perlu ke Pati untuk menyantap nasi gandul yang gurih itu.

Buat Anda warga Jakarta dan sekitarnya yang penasaran, tak perlu risau dan galau. Kini, telah hadir Warung Nasi Gandul "Harmonis". Lokasinya ada di Jl. Raya Condet No. 42, Batu Ampar, Kramatjati, Jakarta Timur. Kalau takut nyasar, cari saja lewat google map atau waze.

Menurut Pak War, pengusaha kuliner asal Condet yang kelahiran Pati itu, ia mendatangkan juru masak khusus dari “Pati Bumi Mina Tani”. “Juru masak dan beberapa bahan masakan kami datangkan langsung dari Pati. Tujuannya agar tidak kehilangan taste,” ujar Pak War.

Rumah Makan Nasi Gandul "Harmonis" di Jl Raya Condet, Kramatjati, Jakarta Timur. (foto: war)

Bacema Lauk


Makanan ini sepintas mirip Soto Betawi dengan kuah yang lebih pekat dan cita rasa gurih bikin nagih. Sebagai “teman” makan, tersedia aneka lauk. Di antaranya, babat, paru, daging, dan telor. Semua masak bacem. Lauk lainnya adalah tempe goreng.

“Ciri khasnya, lauk seperti daging, babat, kikil, atau paru dipotong-potong menggunakan gunting, langsung di atas menu nasi gandul yang siap dihidangkan,” tutur pak War. Ia menambahkan, “yang tidak makan jeroan atau kikil, bisa pilih lauk daging dan tempe.”

Warung Nasi Gandul “Harmonis” buka sejak Sabtu, 20 April 2024. Pak War yakin, menu nasi gandul akan menjawab kerinduan masyarakat Pati dan sekitarnya (Rembang, Kudus, Demak dan Semarang) akan makanan kesukaan mereka.

“Jumlah perantau asal Pati dan sekitarnya mencapai jutaan di Jabodetabek. Bahkan, masing-masing daerah punya semacam paguyuban perantau. Tempat ini bisa jadi ajang kumpul,” ujarnya. Warung dua lantai itu mampu menampung hingga 100 orang.

Menurut Pak War, menu nasi gandul akan menjadi sasaran menarik bagi masyarakat pemburu kuliner eksotik dan enak. “Selain dine-in, kami juga menerima pesanan, baik partai besar, paket arisan atau kumpul keluarga, hingga pesanan porsi kecil,” katanya. (*)

Pak War (kanan) pada saat pembukaan Rumah Makan Nasi Gandul "Harmonis", di Jl. Raya Condet, Jakarta Timur. (foto: ist)

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement