Mobile Ad
Bertambah! Enam Anggota KKB Tewas Usai Kontak Tembak dengan TNI-Polri

Kamis, 25 Jan 2024

FTNews - Satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berhasil pasukan gabungan TNI-Polri lumpuhkan usai kontak tembak.

Pasukan ini tergabung dalam Satgas Damai Cartenz-2024 di wilayah Intan Jaya sebelumnya juga melumpuhkan lima anggota KKB.

“Satgas Damai Cartenz-2024 Kembali berhasil menembak mati 1 anggota KKB wilayah Intan Jaya,” kata Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno, dalam keterangannya, Kamis (25/1).

Lebih lanjut identitas anggota yang tewas tertembak adalah Harisatu Nambagani.


“Jenazah dan senjatanya dibawa kabur oleh KKB lainnya ke arah Kampung Jalai,” ucap Bayu.

Sementara itu kontak tembak ini terjadi pada Selasa, 23 Januari 2024 sekitar jam 16.27 WIT.

Terkait peristiwa ini, Ka Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengimbau agar warga masyarakat di Sugapa tetap waspada. Jangan mudah terprovokasi oleh proganda dari KKB dan KKP.


"Sampai saat ini situasi di Sugapa, Intan Jaya masih rawan terkendali. Saya imbau kepada masyarakat agar tetap waspada,” tutur Faisal.

Penanggung jawab KKB Kodap VII Intan Jaya, Obet Japugau Juga membenarkan adanya anggota KKB atas nama Harisatu Nambagani yang tewas tertembak.

Informasi ini juga mereka siarkan melalui seruan Duka Nasional melalui media sosial milik KKB.

Lima Anggota KKB Tewas


Sebelumnya, lima anggota KKB tewas usai kontak tembak dengan pasukan gabungan TNI-Polri di Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Kaops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan empat anggota KKB tersebut berhasil mereka lumpuhkan pada Minggu, 21 Januari 2024.

“Adapun identitas KKB yang tewas yakni, Oni Kobagau, Jaringan Belau, Agustia, dan Ones,” kata Faizal, dalam keterangannya, Rabu (24/1).

Sementara itu dalam laporan sebelumnya terdapat tiga anggota KKB yang tewas dalam kontak tembak. Namun usai pemeriksaan, KKB yang tewas mencapai empat orang.

Dalam hal yang sama, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno menyebutkan terdapat anggota KKB yang berhasil mereka lumpuhkan kembali pada Selasa, 23 Januari 2024, sekitar pukul 09.30 WIT.

“Hasil pantauan drone menunjukkan bahwa satu anggota KKB, bernama Melkias Maisani, tewas dalam serangan tersebut.

Namun jenazah dan senjata api yang anggota KKB gunakan itu, dibawa kabur anggota KKB lainnya. 

Kemudian adapun kronologi kejadian ini berawal saat pesawat Satgas Gakkum ODC-2024 yang akan mendarat di Intan Jaya KKB tembaki.

“Diduga tembakan berasal arah dari gereja Katolik Santo Misael, Bilogai, ” jelas Bayu.

Selanjutnya aparat keamanan dari Pos Perimeter TNI Yonif 330/TD langsung melakukan serangan balasan hingga menewaskan salah satu anggota KKB tersebut.

Terhadap peristiwa penyerangan oleh KKB ini, pihak berwenang terus mengintensifkan upaya untuk menangani situasi keamanan di daerah tersebut. Sambil terus memantau perkembangan dan memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat setempat.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement