Mobile Ad
Bukan Gaya, Ini Alasan Pemain Sepak Bola Gunakan Topeng

Jumat, 21 Jun 2024

FTNews - Penggunaan pelindung wajah dalam pertandingan bukan untuk gaya. Melainkan alasan pemain sepak bola gunakan topeng karena ada beberapa faktor yang mereka harus jalani.

Topeng dalam dunia sepak bola sudah menjadi hal yang wajar ketika pemain menggunakannya. Tetapi pemain tersebut biasanya memilik sebab menggunakannya.

Salah satu utamanya adalah karena sedang mengalami cedera pada bagian wajah pemain tersebut. Cedera ini memang biasanya sering terjadi kepada para pemain saat berlaga.

Tidak sedikit dari mereka mendapatkannya karena tabrakan antara pemain yang membuatnya harus penggunaan topeng ini. Mereka yang menerima kebanyakan mengalami patah tulang hidung yang sangat rentan terjadi.

Pemain timnas Prancis, Kylian Mbappe patah hidung. (Foto: AFP)

Selain itu juga tidak sedikit dari mereka yang mengalami keretakan pada bagian wajah terutama bagian tulang mata mereka. Tulang wajah memang memiliki hal yang sangat rentan jika bertubrukan dengan pemain lain.

Lanjutnya, pemain yang mengalami cedera serius itu harus mendapatkan perawatan khusus hingga operasi. Usai melakukan medis itu, pemain akan menjalani pemulihan. Sehingga mereka semua harus menggunakan pelindung wajah yang dapat mengantisipasi adanya bahaya dari pertandingan yang mereka jalani.

Pemain timnas Korea Selatan, Son Hwang-Min. (Foto: Son)

Karena kita perlu tahu, luka usai operasi seperti laserisasi harus terlindungi dengan baik. Sedangkan dalam pertandingan, setiap hal yang terjadi akan tidak terprediksi dengan baik. Sehingga pemain membutuhkan alat yang dapat mengamankan mereka walaupun bermain dalam keadaan pemulihan.

Selain itu topeng ini biasanya mengguanakn bahan yang terbuar dari polikarbonat. Bahkan beberapa topeng lainnya akan melakukan percetakan 3D agar dapat menyesuaikan dengan betuk wajah pemain itu.

Topeng Khsus


Topeng pelindung wajah milik Kylian Mbappe. (Foto: Instagram/Mbappe)

Seperti baru-baru ini yang menimpa Kylian Mbappe, dengan mendapatkan cedera pada wajahnya. Insiden tersebut terjadi pada pertandingan Euro 2024 laga Prancis melawan Austria, Grup D di Duesseldorf Arena. Hidung mega bintang tersebut patah karena terbentur dengan bahu Kevin saat berduel bola udara.

Mbappe saat ini terlihat menggunakan topeng yang memiliki desain khusus. Sehingga besar kemungkinan topeng tersebut memang tim buat untuk mega bintang Real Madrid ini.

 

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement