Mobile Ad
Cegah Perampasan Kendaraan, Polda Metro Komitmen Cari Solusi Debitur yang Miliki Tunggakan

Senin, 06 Mar 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Polda Metro Jaya bekomitmen untuk mencari solusi agar debitur dan kreditur memiliki titik tengah dalam mengatasi masalah penunggakan biaya tagihan kendaraan usai adanya insiden debt collector yang mengambil mobil milik seleb TikTok Clara Shinta, di apartemen wilayah Jakarta Selatan, pada Minggu (19/2) malam.

Hal tersebut dinyatakan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran saat menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema ‘Debt Collector Tanpa Tindakan Premanisme’ di Gedung BPMJ Polda Metro Jaya, pada Senin (6/3).

“Sesuai dengan apa yang pernah saya sampaikan bahwa PMJ tidak hanya menindak oknum collector yang nakal tapi PMJ juga berkomitmen untuk mencari solusi agar debitur dan kreditur terjadi titik temu manakala terjadi peristiwa debitur yang menunggak,” kata Fadil.

Lebih lanjut ia mengatakan nantinya tindakan pencarian solusi ini akan dilakukan sesuai dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 35 Tahun 2018.

“Sesuai peraturan OJK No 35 tahun 2018 tentang penyelenggaraan usaha-usaha pembiayaan ada ketentuan yang harus dipatuhi yakni yang pertama perusahaan collector itu harus dalam bentuk PT dan pegawai penagihannya harus memiliki sertifikasi dari asosiasi,” ucap Fadil.

Sementara itu pihak Polda Metro Jaya nantinya akan memberikan pelatihan dan pendidikan terhadap perusahaan serta karyawannya.

“Nah ini mungkin kita bisa kerjasamakan dengan PMJ dalam bentuk pelatihan dan pendidikan terhadap perusahaan tersebut dan karyawannya, karyawan penagihan agar dalam pelaksanaan penagihan itu sesuai dengan ketentuan sebagaimana di amanatkan oleh peraturan OJK ini,” ujar Fadil.

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial memperlihatkan aksi keributan yang terjadi diduga akibat penarikan mobil oleh oknum debt collector di sebuah ruangan apartemen yang terletak di wilayah Jakarta Selatan, pada Minggu (19/2) malam.

Pada video yang diunggah dalam media sosial instagram @wargajakarta.id, terlihat seorang wanita yang merupakan selebgram tiktok Clara Shinta tengah berbincang dengan dua pria diduga debt collector yang akan mengambil mobilnya.

Kemudian selang beberapa waktu Clara Shinta terlibat keributan dengan dua debt collector tersebut dan menangis.

Sementara itu dalam keterangan video unggahan tersebut tertulis bahwa para debt collector tesebut tampak marah-marah karena tidak mau menunggu keluarga dari wanita ini datang.

“Mereka sempat membentak-bentak polisi. Padahal wanita ini membeli mobil tersebut secara tunai bukan kredit,” tulis keterangan dalam unggahan video.

Malansir dari akun TikTok clarashintareal, Jumat (17/2), ia membagikan sebuah video saat dirinya tiba-tiba didatangi oleh debt collector. Mereka berniat untuk mengambil paksa mobil wanita ini.

“Tiba-tiba ada pihak leasing mau tarik mohik aku. Ternyata ada pihak leasing yang mencari aku. Padahal sebelumnya aku tidak pernah memiliki tunggalan atau tidak pernah berhutang apapun,” kata Clara dalam akun TikTok.

Kemudian ia menceritakan bahwa sebelumnya menbeli mobil tersebut cash dan dititipkan ke mantannya. Dan ternyata BPKB mobil tersebut diambil dan disekolahkan tanpa sepengetahuan dirinya.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement