Mobile Ad
Diluar Dugaan! PSSI Curi Logo Garuda dari Mills

Kamis, 20 Jun 2024

FTNews - Kisruh jersey Timnas Indonesia kembali muncul usai, diduga PSSI curi logo Garuda dari Mills. Hal ini cukup membuat kaget banyak orang, karena lambang istimewa yang ada pada baju tersebut ternyata memiliki masalah.

Perwakilan Mills, Fajar Ramadhan angkat suara terhadap kabar yang ramai dalam media sosial itu. Bahkan cuitannya dalam X nya langsung ramai netizen banjiri komentar hingga 400 an dan menyukainya hingga 10 ribu.

"Saya dan Mills ingin menyampaikan kalau logo Garuda versi Mills ini murni hasil kreatifitas kami, hasil riset dan development kami. Kami sayangkan kami tidak diinfokan sama sekali mengenai hak merek logo oleh pihak federasi. Walaupun kami dengan sangat ikhlas dan bangga jikalau karya kami harus kami wakafkan ke negara maupun federasi," tulisnya dalam X Fajar.

Catatan pangkalan kekayan data intlektual. (Tangkapan layar: pdki)

Hal ini berdasarkan situs resmi pangkalan data kekayaan intlektual terlihat sesuai dengan nomor pengumuman BRM2437A. Logo yang menjadi desain Mills pada jersey timnas terdaftar sebagai milik PSSI.

Padahal hal ini sangat bertentangan karena pihak pemilik asli desain yakni Mills tidak melakukan persetujuan. Dan bisa kita lihat mereka melakukan hanya dengan satu pihak saja dari Federasi.

"Setau kami juga dan mengutip dari HKI, gambar garuda sebagai lambang negara (Burung Garuda Pancasila) tidak dapat didaftarkan dan digunakan. Kecuali dengan persetujuan tertulis dari pihak yang berwenang sebagaimana ketentuan Pasal 21 ayat (2) huruf b Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis," ujarnya.

Siap Bawa Jalur Hukum


Jersey timnas Indonesia milik Mills. (Foto: Mills)

Lanjutnya netizen yang mengetahui hal tersebut juga angkat bicara dan terheran dengan tindakan yang PSSI lakukan. Bahkan tidak sedikit juga yang siap membantu pihak brand yang sudah mendunia tersebut ke jalur hukum.

"Mas Fajar, jikalau Mas Fajar ingin mengajukan banding atas ini, sy siap mewakili Mas Fajar dan teman2 mills menjadi konsultan hukum!," tulis akun sp**e.

Berbeda nasib dengan Erspo yang menjadi brand apparel timnas Indonesia saat ini. Dalam laman serupa pangkalan data kekayaan intlektual. Lambang Garuda yang ada pada Erspo tercatat milik Muhammad Sadad dan PSSI.

 

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement