Mobile Ad
Era Kapolri Sigit, Paling Banyak Anggota Polisi Bermasalah Hukum 

Selasa, 02 Mei 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), Edi Saputra Hasibuan mengatakan sepanjang kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, banyak anggota polisi yang bermasalah dengan hukum.

Ia mengakui banyak oknum anggota polisi yang ditindak di bawah kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Menurutnya, hal tersebut tidak lepas dari keseriusannya meningkatkan reputasi institusi.

"Memang sejak dilantik, menjadi komitmen Kapolri. Kapolri tidak mau ada kemunduran. Selama dia memimpin, minta ada perbaikan, pembenahan, semakin baik sehingga begitu ada kejadian, tidak pernah ragu menindak," kata Edi saat dihubungi di Jakarta, Selasa (2/5).

"Saya kira dalam sejarah Kapolri se-Indonesia, dialah yang paling banyak menindak anggota Polri, membersihkan sampah dan benalu di internal Polri. Bukan hanya bintara, tapi jenderal," sambung eks anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini.

Edi mengakui bahwa banyaknya kasus polisi pesakitan yang ditindak Kapolri membuat pemberitaan tentang kepolisian memburuk. Namun, menjadi hikmah bagi internal Polri.

"Mungkin kalau dulu ada jenderal yang disembunyikan, dilindungi. Sekarang tidak demikian. Memang dampaknya jadi kurang baik, tapi untuk perbaikan, memang itu bagus," ucapnya.

Edi pun berharap jajaran kepolisian di bawah memiliki komitmen yang sama dengan Polri.

"Seluruh jajaran Polri harus berbenah, harus hindari penyimpangan, hindari namanya hidup hedonis, hindari penyalahgunaan kewenangan," tegasnya.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement