Mobile Ad
Gedung DPR RI Didemo Ribuan Tenaga Medis dan Kesehatan

Senin, 05 Jun 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Ribuan tenaga medis dan kesehatan dari berbagai organisasi akan menggelar aksi unjuk rasa. Mereka menuntut pemberhentian pembahasan RUU Kesehatan Omnibus Law, di Gedung DPR RI, pada Senin (5/6).

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Dr Moh. Adib Khumaidi mengatakan bahwa para tenaga medis ini akan menggelar aksi di seluruh Indonesia.

“Secara total, terdapat sekitar 100 ribu tenaga medis dan kesehatan. Yang melakukan aksi damai serentak di berbagai wilayah di Indonesia,” kata Adib, dalam keterangannya, pada Senin (5/6).

Sementara itu ia mengatakan bahwa sebanyak 30 ribu para tenaga medis dan kesehatan yang akan menggelar aksi tersebut. Mereka tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Kemudian adapun tuntutan yang akan dibawa saat aksi unjuk rasa tersebut adalah menolak RUU Kesehatan Omnibus Law.

“Para tenaga medis dan kesehatan melalui 5OP telah memberikan masukan bahwa untuk penanganan masalah kesehatan yang ada dan mendatang tidak perlu membuat Undang-Undang baru. Selain itu, masih ada banyak permasalahan kesehatan di Indonesia terutama di wilayah terpencil yang jauh lebih urgensi ditangani,” ucap Adib.

Sementara itu semua tenaga kesehatan yang hadir meminta agar pemerintah, Panja, serta seluruh pihak yang terlibat dalam RUU Kesehatan ini melibatkan Organisasi Profesi yang diakui secara konstitusi sehingga tidak terkesan buru-buru.

“Banyak hal yang masih dapat dan perlu diperbaiki dengan duduk bersama Demi Indonesia yang lebih baik. Bersama kita ciptakan proses demokrasi yang sesuai dengan Pancasila yang berkeadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia,” ujar Adib.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement