Mobile Ad
Gibran Rakabuming Siap Genjot Hilirisasi Digital Industri Gim Lokal

Kamis, 18 Jan 2024

FTNews - Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), nilai pendapatan dari industri gim atau aplikasi permainan di Indonesia mencapai Rp25 triliun selama tahun 2022. 

Melalui cuitan di X (sebelumnya twitter), Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa industri gim di Indonesia memiliki potensi luar biasa besar. Namun, ia mengatakan juga bahwa tantangannya yang ada ialah kompetisi dengan produk asing.

“Saya nge-gim udah sejak lama.. Sering nyobain game lokal, jadi tahu potensi luar biasanya industri game tanah air. Beberapa yang nempel banget seperti A Space for the Unbound yang IMO kualitasnya oke dan diapresiasi secara global,” tulisnya melalui akun @gibran_tweet.

Gibran mengatakan berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika setidaknya 98 developer gim lokal sedang terus bertumbuh. Proyeksi jumlah gamers di Indonesia pada 2025 dapat mencapai 192 juta orang.

“Jadi mari kita beri kesempatan anak-anak kreatif indonesia agar bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Hilirisasi digital akan kita dorong agar banyak talent digital mampu menghasilkan karya yang layak dan mencukupi kebutuhan industri,” ucap putra sulung Presiden Jokowi ini.

Sempat Menghadiri Acara E-Sport


Gibran Rakabuming Raka sedang bermain gim Mobile Legend dalam Celebrity Match di acara Gemaz Fest 2024. Foto: TKN Prabowo-Gibran

Gibran sempat terlihat menghadiri acara E-Sport di ICE BSD, Tanggerang yang bernama Gemaz Fest 2024. Acara ini diisi oleh pertandingan profesional gim Mobile Legend dari tim Onic Esports, RRQ, dan Evos.

Gibran pun sempat ikut bermain dalam Celebrity Fun Match bersama Raffi Ahmad, Baim Wong, Vidi Aldiano, dan beberapa artis lainnya. Tidak hanya itu, Gibran juga menyempatkan diri untuk berbincang dengan Edho Zell, seorang Youtuber besar dari Indoneisa.

“Ekonomi kreatif ini salah satu pilar utama ekonomi nasional dan anak muda Indonesia seperti kita adalah kunci kekuatan kreativitas bangsa hari ini serta masa depan,” kata pasangan dari capres Prabowo Subianto ini. 

Terlihat Gibran memang ingin memajukan industri gim di Indonesia. Industri gim di Indonesia sudah menyumbang 22 juta lapangan pekerjaan dan Rp1.300 triliun ke Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement