Mobile Ad
Hari Senin, Polda Metro Kerahkan 3.000 Personel dalam Operasi Zebra

Sabtu, 01 Okt 2022

Forumterkininews.id, Jakarta - Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Zebra 2022, selama dua pekan kedepan dimulai pada 3 Oktober mendatang.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, mengatakan sebanyak 3.000 personel gabungan akan dikerahkan dalam Operasi Zebra ini.

"Sebanyak 3.000 personel gabungan akan kita terjunkan dari Ditlantas, instansi terkait Satpol PP, Dishub juga akan ikut," kata Latif, saat diminta keterangan, Sabtu (1/10).

Lebih lanjut ia mengatakan prioritas pelanggaran operasi zebra tahun ini yang potensial adalah laka lantas seperti berkendara dalam keadaan mabuk, melawan arus, dan hal lain yang membahayakan.

Sementara itu ia juga mengatakan pihaknya tidak akan melakukan razia di tempat selama operasi berlangsung. Namun pihaknya akan tetap melakukan penindakan jika ada pelanggaran secara kasatmata.

"Kita tidak ada penindakan hukum secara stasioner (razia di satu tempat). Menghentikan, kemudian memeriksa, itu tidak," ucap Latif.

Terkait hal ini pihaknya akan menggunakan kamera ETLE untuk melakukan pengawasan dalam penindakan selama Operasi Zebra.

"Tilang secara manual hanya akan dilakukan di lokasi yang belum tersedia kamera ETLE," kata Latif.

Sebelumnya diberitakan, Korps Lalu Lintas Polri akan menggelar operasi Zebra 2022. Operasi ini akan digelar selama dua pekan dimulai dari tanggal 3 oktober hingga 16 oktober.

Melansir situs Korlantas Polri, Kasubbag Ren Ops Bagops Korlantas Polri AKBP Agung Nugroho mengatakan, dalam operasi Zebra 2022 dipastikan tidak ada penilangan manual. 

Sebagai gantinya mekanisme penindakan mengandalkan teknologi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) milik kepolisian yang sudah aktif di berbagai wilayah di Indonesia.

“Operasi Zebra tahun ini dilarang melaksanakan penilangan manual. Seluruh penilangan dilaksanakan dengan sistem ETLE statis maupun mobile dan dengan teguran simpatik.” kata Agung Nugroho, Rabu (28/9).

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement